Tips & Trick

Tips Work Life Balance untuk Menjadikan Hidup

Menjaga tips work life balance atau keseimbangan antara kerja kehidupan pribadi Anda itu mudah jika Anda adalah seorang pengusaha, bukan? Anda biasanya bisa bekerja dari rumah dan tidak ada orang lain yang harus Anda ikuti atau Anda atur, semua ini seharusnya mudah.

Sayangnya, tidak selalu seperti itu. Faktanya, banyak pengusaha rumahan berjuang untuk mencapai keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan yang seimbang. Disisi lain, sebagai seorang pengusaha mereka memiliki tanggungjawab penuh untuk mengembangkan usaha mereka.

 

Tips Work Life Balance

Berikut adalah  tips teratasnya untuk mencapai dan mempertahankan work life balance yang baik.

 

1. Mainkan kekuatan Anda

Jangan mencoba dan menjadi segalanya bagi semua orang. Fokus pada kekuatan Anda dan lakukan pendelegasian tugas yang bisa dilakukan oleh orang lain. Jika Anda bukan ahli dalam hal akuntansi atau desain grafis, gunakan freelance daripada membuang-buang waktu.

 

2. Ketahui puncak dan palung Anda

Apakah Anda orang yang suka bangun pagi? Jika ya, tetapkan tugas berat dan konsentrasi tinggi di pagi hari. Jangan tinggalkan tugas berat sampai malam hari dan sebaliknya.

 

3. Rencanakan waktu pribadi

Ketika masalah pribadi muncul, Anda mungkin tergoda untuk mengubur diri sendiri dalam pekerjaan Anda. Jangan lakukan Jika Anda tidak menyediakan waktu untuk kehidupan pribadi Anda. Pastikan Anda memiliki “me time” Anda, termasuk untuk keluarga dan kesehatan Anda dan tanamkan dipikiran Anda bahwa semuanya bukan tentang uang.

 

4. Tetapkan jam kerja – dan patuhi itu

Tetapkan jam kerja untuk diri sendiri dan lakukan segala daya untuk mematuhinya. Jika tidak, sebelum Anda menyadarinya, Anda akan terus bekerja sampai tengah malam setiap hari, dan pada akhirnya Anda akan berakhir di rumah sakit.

 

5. Temukan waktu untuk keuangan Anda

Baik Anda bekerja untuk diri sendiri atau tidak, penting untuk merasa percaya diri tentang keuangan Anda. Untuk melakukan ini, Anda perlu memiliki software akuntansi dan menggunakannya sejak hari pertama untuk memudahkan Anda memantau seluruh proses finansial dalam bisnis.

Arus kas adalah salah satu tantangan terbesar yang dihadapi bisnis kecil. Anda harus mulai menggunakan software akuntasni sejak awal sehingga Anda tahu apa yang terjadi, secara finansial dari hari ke hari.

 

6. Kelola waktu Anda, untuk jangka panjang

Buat garis waktu berdasarkan aktivitas Anda untuk work life balance yang seimbang. Anda bisa menggunakan program komputer tertentu dapat membantu dalam hal ini, atau Anda dapat menyesuaikan spreadsheet Excel atau tabel Word Anda sendiri.

 

Menjadi seimbang adalah penting bagi mutu hidup Anda, jangan sampai Anda melupakan kesehatan dan orang disekitar Anda hanya untuk membangun bisnis yang tidak ada ujungnya.

Seperti misalnya pada pengelolaan pembukuan bisnis Anda. Jika Anda menggunakan proses manual tentu hal ini akan memakan banyak waktu dan membuat Anda tidak bisa melakukan hal penting dalam hidup Anda lainnya.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terbaik seperti otomasi pembukuan, payroll, manajemen aset dan stok, rekonsilisasi transaksi otomatis, pengelolaan dan pelaporan perpajakan, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan, dan masih banyak lagi. Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.

 

Related posts

Inilah Model Pemasaran Online yang Wajib Diketahui

admin

Mengenal Macam-Macam Usaha Yang Ada Di Indonesia

admin

Cara Menawarkan Produk Yang Optimal

admin

Leave a Comment