Tips & Trick

Tips Strategi Pemasaran 4P dalam Manajemen

Dalam ilmu manajemen yang sering berkaitan dengan bisnis, istilah strategi pemasaran 4P merupakan dasar yang harus dijadikan patokan awal, saat Anda hendak menjalankan bisnis. Khususnya bagi para pelaku usaha kecil menengah atau UKM yang semakin hari semakin merangkak naik jumlahnya di Indonesia.

Strategi pemasaran seperti ini juga merupakan jantung dari kehidupan sebuah bisnis, maka kita harus bisa lebih teliti dan jeli dalam menciptakan strategi pemasaran di tengah-tengah para competitor yang semakin bersaing ketat. Strategi pemasaran 4P dalam manajemen ini juga dapat mendongkrak penjualan.

Strategi Pemasaran 4P dalam Manajamen

Meskipun tidak mempelajari ilmu manajemen secara langsung, para pebisnis , maupun pelaku UKM sebaiknya mengetahui tentang strategi pemasaran 4P dalam ilmu manajemen. Apa saja strategi 4P itu, berikut ulasanya:

Product/Produk

Setiap pebisnis maupun pelaku UKM, tentunya harus menentukan produk apa yang akan menjadi andalanya, kemudian harus tahu juga bagaimana cara mengembangkanya. Produk yang dimunculkan harus dilakukan uji coba dari berbagai sisi, mulai dari rasa, warna, kualitas hingga ukuran. Pastikan produk yang di launching adalah produk yang sudah siap dijual.

Price/ Harga

Harga pokok produk juga menjadi factor penentu dalam kesuksesan proses penjualan. Harga adalah factor penting yang juga berpengaruh terhadap pemasaran produk. Harga juga akan dibayarkan konsumen dalam bentuk uang agar mereka mendapatkan barang atau jasa yang mereka butuhkan.

Place/ Pemilihan Lokasi Usaha

Strategi 4P berikutnya adalah pemilihan lokasi usaha yang strategis yang juga mempengaruhi kesuksesan pemasaran dari usaha Anda. Lokasi yang strategis akan meningkatkan penjualan, sehingga usaha UKM atau bisnis Anda lebih cepat sukses. Usahakan, lakukan riset terlebih dulu mengenai tempat usaha yang tepat untuk bisnis Anda.

Promotion / Promosi

Adapun strategi 4P yang terakhir yaitu promosi. Seperti kita ketahui, kegiatan promosi ini juga merupakan bagian dari strategi pemasaran yang wajib dilakukan baik oleh pelaku UKM maupun bisnis yang sudah terkenal sekalipun. Tujuan dari dilakukanya promosi juga untuk mengenalkan brand produk kita, serta menambah jumlah permintaan terhadap produk kita, untuk mendorong penjualan. Promosi itu sendiri, bisa dimulai secara free, melalui media digital seperti promosi di social media.

Ilmu manajemen memang selalu identik dengan praktik bisnis, itulah sebabnya, penting bagi para pelaku usaha untuk mempelajarinya. Setelah mengetahui strategi pemasaran 4P dalam manajemen ini, untuk strategi pemasaran lebih lengkap dapat Anda lihat dalam artikel bauran pemasaran berikut ini. Diharapkan para pebisnis dan pelaku UKM lebih siap dalam menghadapi tantangan dan risiko bisnis di masa depan.

Selain strategi ini, yang perlu Anda perhatikan dalam membangun bisnis adalah pembukuan yang baik. Dengan pembukuan yang baik dan benar, bisnis Anda menjadi lebih mudah di kontrol dan Anda bisa membuat keputusan penting  benar berdasarkan laporan keuangan yang ada.

Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online untuk memudahkan proses pembukuan bisnis Anda. Accuate Online sendiri adalah software akuntansi berbasis cloud yang telah dikembangkan sejak tahun 1999 dan digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna. Anda dapat mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

Related posts

Bisnis Jasa Pengiriman Makin Menjanjikan, 10 Tips Memilih Perusahaan Jasa Ekpedisi untuk Usaha

admin

Tips Mengenal Dan Membahas Lebih Jauh Tentang Investasi Online

admin

Tips & Trick Kelola Utang Piutang di Tengah Ancaman Resesi

admin

Leave a Comment