Tips & Trick

Tips Penting untuk Membuat Desain Kemasan

Meskipun produk atau layanan yang Anda jual dalam bisnis mungkin merupakan faktor terpenting dalam menentukan kesuksesan merek, desain kemasan produk memainkan peran besar dalam keberhasilan penjualan dan bahkan dapat memengaruhi cara konsumen memandang produk itu sendiri.

Karena itu, sangat bermanfaat untuk mendedikasikan banyak waktu untuk membuat dan memilih desain yang paling mewakili merek dan produk Anda dengan cara yang sesuai dengan audiens target.

 

Tips tentang cara memilih desain yang luar biasa untuk kemasan produk Anda.

 

1. Pahami target pasar Anda

Memahami kepada siapa Anda menjual produk mungkin merupakan langkah pertama dalam merancang desain kemasan yang efektif.

Ada berbagai pertanyaan yang perlu diingat, seperti apakah target Anda didominasi pria atau wanita, tempat mereka membeli produk, informasi apa yang mereka pertimbangkan saat mencari produk, bagaimana pengemasan memengaruhi keputusan, dan banyak lagi.

Pertanyaan-pertanyaan ini akan memengaruhi palet warna, bentuk kemasan, dan elemen lainnya.

 

2. Pilih kemasan yang masuk akal untuk produk fisik

Penting untuk memilih kemasan yang sesuai dengan di mana produk akan dijual dan produk apa yang ada di dalamnya. Beberapa produk, seperti barang kaca atau cairan, mungkin memerlukan sedikit perlindungan ekstra untuk memastikan barang tersebut sampai ke konsumen dengan utuh.

Ini mungkin melibatkan paket atau bantalan yang lebih tahan lama di bagian dalam kemasan. Pertimbangkan ukuran dan bentuk yang dapat dikemas dengan mudah dan sesuai untuk produk tersebut dan di mana produk itu akan dijual.

 

3. Perjelas apa yang Anda jual

Desain kemasan harus menyampaikan dengan jelas apa produk itu dan tidak boleh menampilkan informasi atau gambar yang menyesatkan. Jika menggunakan gambar, gunakan gambar yang menggambarkan produk secara akurat.

Jika Anda menjual santan organik, sereal non-transgenik, atau pakaian dengan bahan yang ramah dengan lingkungan, jelaskan detail tersebut, karena dapat membedakan Anda dari persaingan. Desain paket harus menyampaikan nilai dari apa yang ada di dalamnya.

 

4. Buat kemasannya mudah dibuka

Kemasan yang sulit dibuka dapat menyebabkan kebingungan pelanggan dan bahkan dapat mengakibatkan kerusakan produk di dalamnya.

Ini juga dapat merusak reputasi produk dan menurunkan kemungkinan pembelian kembali. Buat kemasannya mudah dibuka, baik itu tab ‘sobek di sini’ atau tutup yang mudah diputar. Jika produk memerlukan sedikit keamanan ekstra dalam kemasan, jelaskan metode terbukanya atau pertimbangkan untuk memberi petunjuk pada kemasan.

 

5. Pertimbangkan akan terlihat seperti apa di toko

Pikirkan di mana produk Anda akan dijual dan ingat variabel yang bergantung pada lokasi ini. Ajukan pertanyaan pada diri Anda sendiri seperti berapa banyak kemasan yang akan terlihat, font apa yang paling jelas dari sudut pandang konsumen, warna dan desain apa yang akan menonjol dari persaingan, dan banyak lagi.

Jika Anda menjual produk Anda secara online dan di berbagai lokasi toko, pertimbangkan desain yang dapat disesuaikan antar saluran atau cocok dengan baik di dalam setiap saluran.

 

6. Buat desain paket serbaguna

Keserbagunaan penting dalam hal pengemasan karena hal ini memungkinkan desain diubah sedikit berdasarkan variasi produk Anda, apakah itu gaya sepatu yang berbeda, rasa makanan baru, atau variabel lain yang mungkin memerlukan sedikit perubahan warna atau desain.

Penting juga agar desain paket dapat diubah agar sesuai dengan produk di dalamnya. Seperti yang disebutkan, keserbagunaan juga dapat membantu saat menjual produk di berbagai saluran.

 

7. Pilih bahan yang sesuai

Bahan pengemas harus menjaga bentuk produk, kesegaran, dan kualitas produk secara keseluruhan. Ide unik dapat mencakup pengemasan yang dapat digunakan kembali, pengemasan origami untuk membuat bentuk yang menarik, dan banyak lagi.

Juga, pertimbangkan apa yang penting bagi konsumen, karena kemasan yang dapat didaur ulang dan berkelanjutan telah menjadi aspek yang lebih menonjol dan diinginkan serta dapat meningkatkan penjualan.

 

8. Berinvestasilah pada elemen desain berkualitas

Kemasan sering kali merupakan kesan pertama dari suatu produk, jadi penting untuk menarik perhatian konsumen dengan cara yang positif dan mudah diingat.

Investasikan waktu dan anggaran yang cukup untuk desainer profesional, printer berkualitas, perangkat lunak pengeditan, dan elemen lainnya untuk menghasilkan desain yang tajam dan menakjubkan yang tidak sabar untuk dicoba oleh pelanggan.

 

Manfaat Memiliki Desain Kemasan yang Baik

Meskipun banyak produsen berpikir bahwa produk dan kinerja adalah aspek terpenting dari merek mereka, banyak yang tidak tahu bahwa kemasan dapat memainkan peran penting dalam penjualan produk Anda.

Sederhana saja: Manusia jauh lebih tertarik pada keindahan daripada fungsionalitas. Mempertimbangkan hal ini, estetika kemasan produk menjadi hampir sama pentingnya dengan produk itu sendiri. Inilah bagaimana memiliki desain kemasan yang bagus dapat meningkatkan bisnis Anda:

 

1. Meningkatkan visibilitas merek dan minat pelanggan

Memiliki desain kemasan merek yang kreatif memberikan produk Anda apa yang kami sebut “keberadaan rak”. Kemasan yang bagus menarik dan menonjol dari kompetitor, mendorong pelanggan yang lewat untuk memilih merek Anda daripada merek mereka.

Kemasan Anda juga mengkomunikasikan informasi yang diperlukan tentang perusahaan: dari pesan merek hingga informasi kontak. Dengan memberikan kesan pertama yang baik, Anda memastikan bahwa audiens Anda menerima pesan merek Anda dengan mudah dan jelas.

 

2. Ini membantu menentukan identitas merek Anda

Kemasan yang baik harus menjelaskan merek Anda. Meskipun secara keseluruhan kemasan bertanggung jawab atas kesan pertama produk Anda, pengemasan juga harus secara konsisten mencerminkan identitas merek Anda.

Misalnya, jika Anda adalah merek organik alami, kemasan Anda harus menggunakan warna alami dan kemasan ramah lingkungan agar tetap sejalan dengan identitas merek Anda.

Konsistensi ini membantu merek Anda lebih mudah diingat oleh publik, dan pengenalan yang mudah akan mendorong loyalitas konsumen terhadap merek Anda, meningkatkan penjualan dalam jangka panjang.

 

3. Ini melindungi produk Anda

Meskipun estetika desain kemasan merek Anda harus menjadi titik fokus, fungsionalitas yang hebat juga penting.

Sangat penting bagi pelanggan untuk menerima produk yang dikemas dengan baik, karena produk yang tidak dikemas dengan baik dianggap murah dan inferior, dan lebih buruk lagi, dapat berubah menjadi mimpi buruk pada layanan pelanggan bisnis Anda.

Kemasan produk yang bagus harus memenuhi persyaratan dasar untuk melindungi produk Anda tanpa mengorbankan apa pun secara estetika, sehingga pelanggan Anda merasa bahwa Anda telah melakukan tindakan khusus untuk memastikan bahwa mereka hanya menerima barang dengan kualitas terbaik dari merek Anda.

Singkatnya, desain kemasan yang baik lebih dari sekadar menempatkan produk Anda di dalam kotak, itu membangun hubungan antara merek Anda dan konsumen, yang bila dilakukan dengan baik, dapat melejitkan merek Anda ke puncak kesuksesan.

 

Kemasan produk memiliki banyak fungsi penting. Sekarang, apakah semua kemasan bermasalah? Jawabannya cukup jelas. Tidak! Kemasan adalah kebutuhan untuk berbagai macam produk sehari-hari. Akibatnya, kemasan yang lebih inovatif dan atraktif, dapat digunakan kembali, dan berkelanjutan diciptakan setiap hari.

Anda bisa menggunakan bahan kemasan yang  ramah lingkungan agar memastikan bahwa kemasan produk Anda tidak membahayakan bumi dan memberitahu konsumen bahwa merek Anda turut mendukung gerakan Go Green dan meminimalisir penggunaan plastik

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam bisnis adalah proses pengelolaan keuangan dengan sistem akuntansi terbaik untuk memudahkan operasional usaha Anda. Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online yang memiliki fitur terlengkap dan mudah digunakan. Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.

Related posts

Tips Jualan Mainan Anak yang Menguntungkan

admin

Pengertian Gamification dan Penjelasannya

admin

Mengenal Pengertian Purchase Order Lebih Jauh

admin

Leave a Comment