Tips & Trick

Tips Online Marketing yang Cocok Untuk Pemula

Lebih dari sebagian orang menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari. Tingginya pengguna internet membuka peluang bagi pemasar untuk menjalankan strategi online marketing. Dengan strategi ini, pengenalan dan pemasaran produk bisa dilakukan secara lebih masif dan luas.

Online marketing sendiri merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk mengenalkan suatu produk pada calon konsumen. Dengan menggunakan internet sebagai media marketing, pemasar bisa menjangkau konsumen dengan lebih spesifik tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar.

Tidak hanya itu, pemasaran secara daring juga bisa dilakukan oleh siapa saja. Nah, bagi pemasar yang baru saja terjun ke dunia pemasaran online. Untuk itu berikut beberapa tips strategi marketing onlinr yang bisa kamu pahami.

 

Tips untuk melancarkan strategi marketing secara online

 

1. Membangun Database Konsumen

Hal yang pertama kali harus dilakukan saat akan melakukan online marketing adalah mengumpulkan dan membuat database konsumen. Sebelum melakukan pemasaran, penting bagi pemasar untuk mengetahui karakteristik konsumen.

Melalui database yang dikumpulkan, pemasar dapat memetakan konsumen yang potensial. Selain itu, pemasar juga bisa menjadikan database yang ada sebagai dasar untuk melakukan penawaran dan membuat konten marketing.

2. Berorientasi Pada Konsumen

Sebuah rencana pemasaran yang baik harus menjadikan konsumen sebagai fokus utamanya, begitu juga marketing secara online. Untuk itulah, pemasar harus memahami apa yang diinginkan oleh konsumen.

Sebagai permulaan, pemasar bisa melakukan simulasi mengenai bagaimana konsumen bisa menemukan brand produk yang ditawarkan, kemudian apa yang membuat konsumen bisa tertarik pada brand produk serta bagaimana konsumen memutuskan untuk membeli produk.

Dengan melakukan simulasi tersebut, pemasar setidaknya dapat mengetahui garis besar kondisi psikologi konsumen. Hal ini penting untuk dilakukan agar marketing yang dilakukan bisa menyasar konsumen dengan tepat.

3. Membuat Website

Setelah memahami dengan baik pola pikir konsumen, pemasar bisa mulai melakukan marketing. Salah satu cara termudah dalam melakukan online marketing adalah membuat website. Melalui website, produk yang ditawarkan akan lebih meyakinkan.

Dalam pemasaran digital, website bertindak layaknya toko pada dunia nyata. Melalui website, pemasar bisa menampung semua trafik mulai dari media sosial hingga email marketing.

Selain itu, website juga bisa menampilkan informasi mengenai produk yang ditawarkan dengan lengkap. Dengan memanfaatkan website sebagai media pemasaran, pemasar dapat menjaring lebih banyak konsumen, karena kebanyakan konsumen lebih mempercayai produk yang dipasarkan lewat website dibandingkan media sosial saja.

4. Membuat Content Marketing

Tujuan utama seorang pemasar melakukan marketing secara online adalah untuk meningkatkan kesadaran konsumen mengenai brand produk yang ditawarkan. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah membuat content marketing.

Agar konsumen menyadari dan tertarik pada produk yang ditawarkan, content marketing harus dibuat semenarik mungkin. Ada banyak bentuk content marketing yang bisa dibuat mulai dari tulisan, infografis hingga video. Masing-masing jenis content marketing memiliki keunikan dan kelebihannya tersendiri.

Satu hal yang perlu diperhatikan saat membuat content marketing, yakni bahwa content marketing bertujuan untuk meningkatkan brand awareness atau kesadaran konsumen akan sebuah produk. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari penawaran produk saat membuat content marketing.

5. Meningkatkan Traffic Dengan SEO

Meskipun website merupakan media yang tepat untuk melakukan pemasaran digital, akan tetapi apabila trafik website sepi, maka semua itu tidak ada artinya. Oleh karena itu, pemasar harus memastikan bahwa trafik website selalu ramai. Salah satu cara termudahnya adalah dengan mengoptimasi SEO.

Apabila website bisa mengoptimasi SEO dengan baik, besar kemungkinan website bisa muncul di halaman pertama mesin pencari. Kemunculan website pada mesin pencari merupakan suatu keuntungan karena sebagian besar konsumen memulai pencarian produk melalui mesin pencari.

 

6. Membuat Email Marketing

Email marketing merupakan strategi yang cukup efektif dalam menjaring konsumen atau meningkatkan kesadaran konsumen akan suatu produk. Tidak seperti media online marketing lain, email marketing menyasar secara lebih personal, yakni melalui kotak masuk.

Hampir semua orang yang memiliki email akan memeriksa kotak masuk saat login ke email. Oleh karena itu, produk yang ditawarkan dapat langsung terbaca oleh konsumen saat membuka email. Konsumen bahkan bisa berlangganan email marketing dari produk apabila subjek dan isi yang ditulis mampu menarik perhatian konsumen.

 

Saat memulai bisnis Anda bisa mencoba menggunakan proses pembukuan manual atau excel untuk pencatatan dan penghitungan seluruh pengeluaran dan pemasukan dalam usaha Anda. Namun, seiring berjalannya waktu dan banyaknya transaksi dan pelanggan, Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk solusi pembukuan yang lebih baik.

Accurate Online adalah salah satu software akuntansi online yang sudah terbukti dan teruji memudahkan proses pembukuan bisnis secara menyeluruh. Jika Anda tertarik menggunakan Accurate Online, Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

Related posts

5 Cara Memasarkan Produk Di Era Digital

admin

Tips Jualan Mainan Anak yang Menguntungkan

admin

Tips Memulai Bisnis Kuliner yang Menguntungkan

admin

Leave a Comment