Tips & Trick

Tips 5 Interpersonal Skill yang Wajib Dimiliki Pengusaha

Pernahkah Anda mendengar istilah interpersonal skill? Sebelum mengenal lebih dalam tentang interpersonal skill, mari kenali dulu definisi dari interpersonal skill. Jadi, interpersonal skill adalah kemampuan seseorang secara efektif untuk berinteraksi dengan orang lain maupun dengan rekan kerja. Contohnya adalah dengan menjadi pendengar yang baik, menyampaikan pendapat secara jelas, dan mampu bekerja sama dalam satu tim.

Skill atau kemampuan adalah kapasitas seseorang untuk melakukan berbagai tugas dalam suatu pekerjaan. Setiap orang memiliki skill yang berbeda-beda, dan tentu saja skill tidak hadir begitu saja, namun diperlukan waktu dan latihan untuk memunculkannya.

 

Pengertian Interpersonal Skill

 

Dikutip dari Indeed, interpersonal skill adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk berkomunikasi dan membangun hubungan dengan orang lain.

Pakar lain mengatakan bahwa interpersonal skill adalah kemampuan atau keterampilan yang memungkinkan seseorang untuk berhubungan dengan orang lain. Kemampuan atau keterampilan tersebut berupa berkomunikasi baik verbal maupun non verbal.

Ada juga pendapat yang menyatakan bahwa pengertian interpersonal skill adalah keterampilan untuk mengenali dan merespon secara layak, perasaan, sikap, motivasi, serta keinginan orang lain. Di dalamnya terdapat seni bagaimana seseorang mampu membangun hubungan yang harmonis dengan memahami dan merespon orang lain.

 

Contoh Interpersonal Skill yang Wajib Dimiliki oleh Pengusaha

 

Bagaimana seseorang mampu membangun hubungan yang harmonis dengan memahami dan merespon manusia atau orang lain?

Berikut ini adalah berbagai jenis kemampuan interpersonal yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari:

1. Kemampuan Mendengarkan

Mendengarkan adalah salah satu bagian dari proses komunikasi. Pengertiannya tidak hanya sekedar mendengarkan percakapan melalui telinga. Lebih dari itu, mendengarkan adalah penerimaan pesan yang dilakukan untuk mendapatkan informasi yang sesuai dengan harapan.

Jika seseorang tidak memiliki kemampuan mendengarkan maka akan sulit untuk mendapatkan kesimpulan dari informasi yang diperoleh.

Tentu saja perkara tak mau mendengarkan terjadi dalam macam-macam konteks lainnya. Dalam rapat kerja, relasi orangtua-anak, hubungan romantis, atau ranah pergaulan, ketiadaan niat untuk mendengarkan bisa jadi pemicu konflik besar di kemudian hari.

 

2. Memahami Informasi

Percaya atau tidak bahwa orang yang menguasai informasi ternyata memiliki kesempatan yang lebih besar untuk sukses? Baik secara personal maupun profesional, menguasai informasi berarti menguasai sumber daya.

Kemampuan untuk memahami pesan, memahami perintah, dan memahami kebutuhan orang lain akan adalah bekal untuk berkomunikasi. Anda akan tertarik untuk menggali lebih banyak informasi sehingga tercipta hubungan komunikasi yang baik.

 

3. Memelihara Hubungan dengan Orang Lain

Alasan untuk mendengarkan dan memahami pesan/informasi adalah untuk melakukan komunikasi interpersonal. Banyak survei membuktikan bahwa orang yang memiliki kemampuan untuk mendengar dengan efektif memiliki hubungan yang lebih baik dengan sesamanya. Sebaliknya, mereka yang kurang mampu untuk mendengarkan justru akan memperburuk hubungan.

Hubungan baik dengan orang lain adalah hal yang sangat penting dalam dunia bisnis. Salah satu manfaatnya adalah memiliki jaringan pertemanan yang luas. Hal ini akan mempermudah Anda dalam memasarkan produk atau jasa yang dijual.

 

4. Memberikan Feedback

Feedback atau umpan balik adalah komunikasi yang disampaikan kepada seseorang dengan tujuan agar orang tersebut tahu dampak perilakunya terhadap orang lain. Memberikan feedback bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan.

Sering dijumpai dalam beberapa rapat, ketika audience dimintai feedback justru lebih banyak yang diam. Banyak alasan yang melatarbelakangi hal ini terjadi. Ada yang mungkin takut mengemukakan pendapatnya. Ada juga yang tidak bisa memberikan feedback karena tidak menyimak presentasi atau permasalahan yang dibahas.

Memberikan feedback artinya Anda memahami apa yang disampaikan orang lain dan berusaha untuk peduli terhadap informasi yang disampaikan. Feedback sekecil apapun akan sangat berguna bagi lawan bicara Anda karena artinya Anda menguasai informasi dan berupaya menjaga hubungan komunikasi yang baik.

 

5. Keterampilan Membujuk

Persuading atau membujuk adalah komunikasi yang dilakukan seseorang dengan tujuan agar pihak lain mau mengikuti dengan sukarela kehendak seseorang.

Setiap orang dibekali kemampuan untuk dapat membujuk orang lain. Baik membujuk untuk hal-hal positif, maupun perihal negatif. Hanya saja kemampuan masing-masing individu tentunya berbeda-beda.

 

Itulah penjelasan lengkap tentang Interpersonal Skill. Untuk itu, cobalah untuk lebih teliti sebelum melakukan Interpersonal Skill. Selain melakukan Interpersonal Skill, Anda juga sangat bisa untuk melakukan Interpersonal Skill dalam jangka panjang dengan memanfaatkan bantuan  aplikasi akuntansi dari Accurate Online. Accurate Online memiliki fitur yang memudahkan Anda dalam mengatur biaya produk, mengontrol stok barang, dan memantau laporan keuangan bisnis Anda secara mudah dan terintegrasi. Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.

Related posts

Inilah Tips Melakukan Investasi, Sekalipun Memiliki Modal Yang Kecil

admin

Tips Prospek Karir Impian Kuliah Manajemen

admin

Tips Membuat Laporan Laba Rugi

admin

Leave a Comment