Keuangan

Rekonsiliasi dengan Aplikasi Pencocokan Transaksi

Dalam dunia akuntansi, terdapat istilah rekonsiliasi bank. Rekonsiliasi sendiri menurut KBBI adalah penetapan pos-pos yang diperlukan untuk mencocokkan saldo masing-masing dari dua akun atau lebih yang mempunyai hubungan satu dengan lainnya.

Bila dikaitkan pada bank, maka dapat diartikan sebagai kegiatan analisis yang dilakukan untuk mencocokkan saldo pada akun kas bank dan juga akun kas perusahaan dengan tujuan untuk menghasilkan saldo kas uang yang disesuaikan.

 Tujuan Rekonsiliasi Bank

Dibedakan berdasarkan tujuannya, rekonsiliasi bank dapat dibagi menjadi 2 (dua), yaitu:
1. Rekonsiliasi bank dengan tujuan pelaporan keuangan dilakukan pada setiap akhir periode pelaporan.
2. Rekonsiliasi bank dengan tujuan pengendalian saldo kas seharusnya dilakukan setiap bulan.
Sedangkan berdasarkan bagiannya, rekonsiliasi bank juga dapat dibagi menjadi 2 (dua) bagian yaitu

1. Bagian bank dan bagian perusahaan.

Pada bagian bank, dimulai dari saldo kas menurut rekening bank dan berakhir pada saldo yang telah disesuaikan.

2. Sebaliknya pada bagian perusahaan

Rekonsiliasi dimulai dengan saldo kas menurut catatan perusahaan dan kemudian berakhir dengan saldo yang telah disesuaikan. Dengan catatan, kedua jumlah saldo tersebut harus sama.

 

Hal penting lainnya yang harus Anda lakukan jika bisnis Anda sudah jalan yakni adalah pembukuan yang baik. Dalam setiap bisnis atau usaha pembukuan adalah hal penting, tidak terkecuali untuk usaha Anda. Dengan mencatat semua transaksi yang terjadi ke pembukuan, menjadikan Anda tahu perkembangan bisnis Anda secara detail dari sisi keuangan dan nantinya Anda dapat membuat keputusan yang tepat untuk pengembangan bisnis.
Jika Anda kesulitan untuk melakukan pembukuan manual, Anda bisa menggunakan Accurate Online. Accurate Online adalah software akuntansi yang cocok untuk berbagai jenis bisnis, mulai usaha dagang sampai jasa, UKM sampai pabrik manufaktur. Memiliki fitur terlengkap dengan harga terjangkau menjadikan Accurate Online sebagai software akuntansi kepercayaan 300 ribu pengguna dan pemilik usaha di Indonesia. Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.

Related posts

Inilah Cara UKM Menjaga Produktivitas di Tengah Imbauan PSBB Pandemi Covid-19

admin

Pengertian Manajemen Biaya dan Alur Manajemen Biaya

admin

Apa Itu Pajak Pertambahan Nilai?

admin

Leave a Comment