Tips & Trick

Perbedaan Sales dan Marketing Yang Harus Ketahui

Dalam sebuah perusahaan tentu memiliki departemen, bagian, atau divisi yang memiliki tugas masing-masing, misalnya saja customer servicesalesmarketingprogramer, dan masih banyak lagi. Bagian atau divisi yang sering menjadi perdebatan adalah sales dan marketing. Banyak orang mengira bahwa sales dan marketing adalah bagian yang sama karena fungsi dan tugasnya dianggap sama. Tidak hanya dari sisi pekerja saja, beberapa perusahaan juga terkadang mencampuradukkan fungsi dari kedua bagian pekerjaan ini. Walaupun marketing dan sales merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk mencapai revenue, tapi keduanya jelas-jelas berbeda.
Umumnya masyarakat melihat sales dan marketing sama yakni menjual produk.  memang bagian dari strategi perusahaan untuk mencapai target. Namun, fokus kegiatan antara sales dan marketing merupakan hal yang berbeda.

 

Pengertian Sales dan Marketing

Agar lebih mudah memahaminya, poin pertama yang dibahas yakni tentang pengertiannya. Sales didefinisikan sebagai bagian dari suatu perusahaan yang kegiatannya menjual, memastikan produk yang terlihat ataupun yang tidak terlihat laku dengan harga yang sesuai dengan perencanaan awal yang sudah ditetapkan tetapi juga dengan persetujuan dan kesepakatan konsumen. Sementara marketing adalah keseluruhan sistem dari kegiatan bisnis seperti merencanakan produk, menetapkan harga, mempromosikan produk dan mendistribusikan barang dengan tujuan untuk memuaskan konsumen. Secara singkat, sales ini merupakan penjualan dan marketing merupakan strategi untuk meningkatkan penjualannya.

 

Prioritas & Fungsi

Dalam prioritas kerja, perbedaan dapat dilihat dari target kegiatan. Prioritas marketing yaitu mendapatkan konsumen, menjangkau konsumen dan membangun hubungan yang baik sehingga mereka setia. Jika konsumen atau pelanggan Anda banyak maka pendapatan perusahaan juga akan meningkat. Adapun fungsi dari sales adalah melayani konsumen dan membantu mereka mendapatkan produk yang dicari. Dari prioritas dan fungsi keduanya  dapat disimpulkan bahwa sebenarnya ini merupakan dua kegiatan yang saling berkaitan dan bersinergi.

 

Ruang Lingkup Kerja Sales dan Marketing

 

Sales dan marketing juga dapat dibedakan dari sisi ruang lingkup kerjanya. Jangka waktu kerjanya pendek (short term). Ya, lihat saja jika Anda melakukan transaksi jual beli, hanya sebatas itu saja kan? Setelah proses transaksi selesai, tim sales sudah tidak bertanggung jawab lagi dengan konsumen. Sementara marketing jangka waktu kerjanya lebih lama (long term). Hal ini karena marketing harus menjaga hubungan yang baik dengan para konsumen ataupun vendor.  Sehingga setelah kegiatan marketing dilakukan, tim masih bertanggung jawab menjaga hubungan agar loyalitas pelanggan tidak hilang. Bahkan sebenarnya, tim marketing harus menjadi hubungannya dengan konsumen sejak sebelum transaksi terjadi. Adapun lingkup pekerjaan marketing seperti customer satisfaction, market research, dan public relations.

 

Itulah perbedaannya. Perusahaan tidak akan berhasil jika hanya mengandalkan sales, karena sales tidak akan tercipta tanpa adanya marketing yang baik. Karenanya agar perusahaan terus berkembang dibutuhkan perencanaan dan pengelolaan yang benar, baik terkait produksi, marketing, sales, keuangan dan sebagainya. Untuk membantu Anda mengelola keuangan, Anda dapat menggunakan bantuan software akuntansi.
Hal penting lainnya yang harus Anda lakukan jika bisnis Anda sudah jalan yakni adalah pembukuan yang baik. Dalam setiap bisnis atau usaha pembukuan adalah hal penting, tidak terkecuali untuk usaha Anda. Dengan mencatat semua transaksi yang terjadi ke pembukuan, menjadikan Anda tahu perkembangan bisnis Anda secara detail dari sisi keuangan dan nantinya Anda dapat membuat keputusan yang tepat untuk pengembangan bisnis.
Jika Anda kesulitan untuk melakukan pembukuan manual, Anda bisa menggunakan Accurate Online. Accurate Online adalah software akuntansi yang cocok untuk berbagai jenis bisnis, mulai usaha dagang sampai jasa, UKM sampai pabrik manufaktur. Memiliki fitur terlengkap dengan harga terjangkau menjadikan Accurate Online sebagai software akuntansi kepercayaan 300 ribu pengguna dan pemilik usaha di Indonesia. Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.

Related posts

Pentingnya Membangun Networking bagi Pengusaha UKM

admin

Jangan Putus Asa Jika Bisnis Sedang Sepi. Ini Solusinya!

admin

Tips Membuka Toko Batik di Kota Semarang

admin

Leave a Comment