Bisnis

Pengertian Whistle Blowing Jenisnya

Pernah mendengar istilah whistle blowing? Didalam bergelut atau melakoni suatu bidang pekerjaan salah satunya adalah berbisnis tentu saja ada banyak faktor masalah yang bisa datang dan menghalangi. Seperti mungkin persoalan modal, konsumen, operasional, SDM yang dimiliki perusahaan hingga perilaku kecurangan oknum pekerja.

Nah perilaku kecurangan ini sendiri selalu berkaitan dengan istilah Whistle Blowing lho, namun apa sebenarnya pengertian Whistle Blowing dan penjabarannya secara dalam?

 

Mengenal Whistle Blowing Secara Lebih Mendalam

Setalah menyinggung singkat mengenai Whistle Blowing atau pelaporan pelanggaran diatas, maka mari bahas pengertiannya secara medalam. Dimana pengertian Whistle Blowing ini sendiri memiliki pengertian sebagai sebuah peristiwa atau tindakan pelaporan kecurangan atau pelanggaran  yang dilakukan seseorang dalam dunia kerja.

Pelaporan ini sendiri bisa dilakukan oleh seseorang yang berada dalam satu lingkup kerja atau bahkan klien atau relasi kerja yang mengetahui tindak kecurangan tersebut. Dimana pelaporan tindak kecurangan yang dilakukan oleh rekan kerja atau atasan ini sendiri dibocorkan pada pihak lain.

Jadi singkatnya pelaporan pelanggaran ini sendiri merupakan sebuah tindakan atas sikap kecurangan yang bisa jadi ditemui dalam lingkup kerja. Tindakan pelaporan ini sendiri sebenarnya seperti dua buah mata pisau yang diayunkan, bisa membawa hal positif namun bisa juga membawa hal negatif.

 

Memahami Jenis-jenis dari Whistle Blowing

Setelah menyimak uraian sebelumnya mengenai pengertian Whistle Blowing dan uraian lainnya mengenai istilah tersebut. Maka berikut ini mari simak penjelasan mengenai apa saja kiranya jenis-jenis dari tindak pelaporan pelanggaran ini sendiri, sebagai berikut.

 

1. Pelaporan Pelanggaran Skala Internal

Untuk tindakan atau jenis pelaporan pelanggaran berdasarkan skala intenal yang mana hanya melibatkan orang dalam perusahaannya saja.

Contohnya sebagai berikut, ada karyawan yang mengetahui tindak kecurangan yang dilakukan oleh rekan atau bahkan atasannya. Maka kemudian orang yang mengetahui tindak kecurangan ini kemudian mengadukan hal yang diketahuinya ini pada atasan satu perusahaannya yang lebih tinggi.

Dimana tentu saja jenis dari penyimpangan sikap kerja atau kecurangan  ini sendiri masih bisa diselesaikan dengan media damai.

Maksudnya adalah peredaman beritanya bisa menjadi lebih mudah karena hanya melibatkan orang dalam dan tidak mengganggu citra perusahaan. Jenis kecurangan internal ini sendiri biasanya penyelesaian akan dilakukan dengan menghadirkan tertuduh, terlapor serta bukti terkait dengan diselesaikan atasan kerja.

 

2. Pelaporan Pelanggaran Skala Eksternal

Kemudian untuk jenis kecurangan berdasarkan pelaporan pelanggaran skala eksternal yang mana menjadi lebih serius.

Tindak pelaporan kecurangan yang dilakukan oleh rekan satu perusahaan yang melibatkan orang diluar perusahaan. Pada skala kasus eksternal ini sendiri jelas bisa mempengaruhi citra perusahaan dikalangan perusahaan lain dan khalayak umum.

Biasanya untuk jenis pelaporan berkala eksternal ini sendiri dilakukan karena dirasa merugikan banyak kalangan termasuk masyarakat.

Contohnya sebuah perusahaan melakukan produksi barang yang mengandung zat berbahaya dan diedarkan ke masyarakat, maka karyawan melaporkannya ke masyarakat umum. Tindakan pelaporan semacam ini juga biasanya menjadi salah satu kasus besar dalam ranah kriminalitas dan harus diselesaikan melalui jalur hukum.

 

Agar lebih mudah dalam melakukan strategi tersebut, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate online. Kenapa? Itukan software akuntansi? Karena, Accurate Online memiliki fitur yang memudahkan Anda dalam mengatur biaya produk, mengontrol stok barang, dan memantau laporan keuangan bisnis Anda secara mudah dan terintegrasi. Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.

Related posts

Apa Itu Komunikasi Bisnis? Berikut Pengertiannya

admin

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

admin

Pentingnya Rencana Bisnis Sebelum Memulai Membangun Bisnis

admin

Leave a Comment