Tips & Trick

Pengertian Pemasaran Digital dan Strateginya

Seiring kemajuan teknologi, kebutuhan dan cara manusia dalam melalakukan suatu hal berubah, termasuk pada teknik pemasaran. Jika dahulu cara pemasaran dilakukan dengan konvensional seperti menyebar selebaran, memasang iklan di televisi atau radio dan sejenisnya, sekarang proses pemasaran sudah memasuki fase baru yang memanfaatkan teknologi melalui pemasaran digital atau digital marketing.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui secara mendalam tentang pemasaran digital untuk keberhasilan bisnis Anda, baca terus artikel ini sampai selesai.

 

Apa itu Pemasaran Digital?

Pemasaran digital dan strateginya adalah pemasaran produk atau layanan dengan menggunakan teknologi digital melalui internet, media sosial, telepon seluler, atau media digital lainnya.

Ini juga merupakan istilah umum yang mencakup berbagai strategi pemasaran seperti Pemasaran Media Sosial, Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO), dan Pemasaran Email.

Dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional seperti media cetak, papan reklame, dan TV, pemasaran digital pada dasarnya didorong oleh data. Banyak platform periklanan digital populer saat ini menyediakan akses ke laporan kampanye untuk analisis data yang komprehensif.

 

Kenapa Harus Pemasaran Digital?

Tidak seperti pemasaran tradisional dan konvensional, pemasaran digital dan strateginya menawarkan manfaat berikut:

 

1. Dapat Dipantau dan Terukur

Kemajuan teknologi telah membuatnya cukup mudah untuk mengukur keefektifan kampanye pemasaran melalui dasbor analitik digital seperti Google Analytics, Google Data Studio, atau Adobe Analytics.

Konversi dapat berupa tindakan apa pun yang dilakukan pengguna seperti mengunduh e-book, mengirimkan formulir pertanyaan, atau melakukan pembelian online.

 

2. Efisiensi dalam Optimasi

Munculnya platform media online telah memungkinkan pemasar untuk membeli ruang iklan di berbagai situs web dan aplikasi seluler dan meninjau laporan langsung dalam beberapa jam.

Ini memungkinkan pemasar untuk meninjau kinerja kampanye iklan dan membuat penyesuaian dengan cepat seperti mengoptimalkan materi iklan untuk meningkatkan keterlibatan audiens.

 

3. Saluran Pemasaran Digital

Saluran pemasaran adalah media yang digunakan organisasi atau bisnis untuk mengkomunikasikan atau menyampaikan pesan kepada konsumen.

Dalam digital marketing, saluran digital adalah jalan di mana pelanggan Anda mengetahui tentang bisnis Anda dan apa yang ditawarkannya. Dari sinilah lalu lintas (pengguna) Anda berasal.

 

Kesimpulan

Keseluruhan strategi pemasaran digital dapat diringkas ke dalam kerangka kerja ini: Perjalanan pengguna atau corong pembelian dimulai dari tahap kesadaran dan berlanjut ke tahap minat (evaluasi / pertimbangan), tindakan (pembelian), dan loyalitas.

Namun, akan lebih mudah lagi jika Anda menggunakan software akuntansi dari Accurate Online. Kenapa? Karena dengan menggunakan Accurate Online, Anda akan lebih mudah dalam membuat dan mengecek laporan keuangan bisnis Anda dimanapun dan kapanpun. Selain itu, data laporan juga akan tersimpan dengan aman dan Anda bisa lebih mudah dalam menggunakannya. Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.

Related posts

Berikut Tips Jaga Loyalitas Konsumen saat PSBB

admin

Tips Penggunaan Internet Marketing Agar Bisnis Cepat Berkembang

admin

Tips Memulai Bisnis Kuliner yang Menguntungkan

admin

Leave a Comment