Keuangan

Pengertian Layanan Konsultan Perpajakan

Tumbuhnya banyak pengusaha kena pajak (PKP) merupakan salah satu bukti pertumbuhan ekonomi yang bagus untuk suatu Negara. Namun, terkadang diantara pengusaha itu banyak yang tidak tahu prosedur pembayaran pajak, besaran pajak yang harus dibayar sehingga mengharuskan untuk berkonsultasi dengan konsultan perpajakan.
Semakin meningkatnya jumlah pengusaha di Indonesia merupakan wajah baru di bidang ekonomi, yang menandakan perekonomian semakin baik. Sayangnya, hal tersebut tidak sebanding dengan pengetahuan mereka akan perhitungan jumlah pajak yang harus dibayar.
Profesi ini cukup menjanjikan, dan memiliki peranan yang besar untuk memberikan kontribusi kepada negara melalui perpajakan. Di sisi lain, banyak orang (wajib pajak) yang terbantu karenanya. Oleh sebab itu, pentingnya profesi ini,untuk meningkatkan tingkat pendapatan pajak di negara ini.

Pengertian Konsultan Pajak

Konsultan perpajakan adalah seseorang yang berprofesi untuk memberikan jasa konsultasi mengenai perpajakan, perhitungan pajak, dan tata caranya kepada wajib pajak perorangan atau badan usaha.
Negara sangat terbantu dengan adanya profesi ini, dikarenakan para wajib pajak tersebut mengetahui kesadaran akan kewajibannya untuk membayar pajak, yang bersifat mengikat dan wajib untuk dilakukan tersebut. Pajak merupakan penyumbang devisa negara terbanyak bagi negara, oleh sebab itu, negara sangat memperhatikan hal tersebut.

 

Tugas dan Layanan Konsultan Pajak. 

Berdasarkan uraian tersebut, bisa diambil kesimpulan bahwa seorang konsultan perpajakan bertugas untuk memberikan jasa konsultasi mengenai perpajakan. Tugas tersebut meliputi layanan yang diberikan, antara lain :

1. Mengajak Klien Senantiasa Untuk Patuh Terhadap Pajak 

Dengan adanya jasa konsultan perpajakan secara tidak langsung, turut serta mendisiplinkan klien agar patuh dalam membayar pajak. Klien yang tidak patuh, biasanya diawali dengan ketidaktahuan atau awam mengenai prosedur perpajakan. Dengan demikian, sudah menjadi tugas seorang konsultan untuk memberitahukan prosedur yang benar.

2. Membantu Menghitung Rencana Pajak Yang Harus Dibayar 

Klien yang termasuk pengusaha kena pajak, memiliki perencanaan perhitungan pajak dalam usahanya. Termasuk jenis pajak yang diberlakukannya. Oleh sebab itu, seorang konsultan bertugas membantu menghitung perencanaan pajak yang harus dibayar.

3. Membantu Memeriksa Laporan Pajak 

Konsultan perpajakan membantu memeriksa laporan pajak yang telah dibayar oleh klien. Prosedur yang benar, serta evaluasi atas besaran pajak yang telah dilaporkan. Hal tersebut penting untuk dilakukan, guna meminimalisir kesalahan laporan.

 

Untuk proses pembukuan yang ramah pajak, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur penghitungan dan pelaporan pajak terlengkap seperti Accurate Online.
Dengan menggunakan Accurate Online, Anda tidak hanya mendapatkan fitur pembukuan yang mudah dan sesuai standar, namun juga fitur perpajakan terlengkap yang tidak ada pada software akuntansi lainnya di Indonesia. Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.

Related posts

Mengetahui Lebih Jauh Dana Pensiun

admin

Pengertian Valuta Asing Sistem dan Fungsinya

admin

Hukum Penawaran dan Permintaan Produksi Bisnis

admin

Leave a Comment