Tips & Trick

Pengertian Gamification dan Penjelasannya

Gamification adalah salah satu tren baru dalam dunia marketing yang sangat terkenal. Tercatat sudah lebih dari 70% perusahaan besar di dunia yang sudah mengeluarkan minimal satu aplikasi yang dibalut dengan gamification di akhir tahun 2014 lalu.

Persentase tersebut terus meningkat setiap tahunnya hingga saat ini. alasannya adalah karena strategi Gamification dinilai mampu meningkatkan tingkat engagement sampai 150% banyaknya.

Nah, pada artikel kali ini, mari kita mengenal lebih dalam tentang gamificati on yang sering dijadikan sebagai salah satu strategi pemasaran.

 

Pengertian Gamification

Di dalam dunia marketing, pengertian gamification adalah suatu teknik atau metode yang menerapkan permainan atau game ke dalam strategi pemasaran. Dilansir dari C&EN Media Group, gamification adalah salah satu strategi marketing yang pertama kali diterapkan pada tahun 2010 lalu.

Dengan menerapkan strategi gamification, Anda bisa menambahkan berbagai elemen menarik pada sites website atau aplikasi dengan tantangan, hadiah, dll. Hal tersebut mampu memicu ketertarikan para pengguna untuk bisa berlomba-lomba dalam permainan. Gamification terbukti mampu meningkatkan nilai engagement, brand loyalty, serta nilai positif lainnya dalam suatu perusahaan.

 

Elemen Penting Gamification

Untuk bisa menghasilkan strategi gamification yang sukses, terdapat tiga hal penting yang harus selalu Anda ingat, yakni poin, badges, serta papan peringkat.

 

1. Poin

Hal pertama yang paling penting dalam menerapkan gamification adalah poin. Poin adalah suatu cara sederhana yang mana setiap pengguna akan memperoleh suatu hadiah ataupun imbalan saat selesai melakukan sesuatu.

Contoh sederhananya adalah pemberian poin dalam jumlah tertentu saat mereka  melakukan pembayaran non tunai bila tujuannya adalah meningkatkan sistem pembayaran non tunai. Poin yang diterima oleh pelanggan nantinya bisa dikumpulkan agar bisa melakukan pembelian selanjutnya ataupun mengklaim hadiah lain.

 

2. Lencana

Lencana ini bisa diberikan sebagai suatu bentuk apresiasi saat pelanggan mampu mencapai poin tertentu, seperti jika telah mencapai suatu level saat selesai melakukan permainan berkali-kali atau melakukan pembelian setelah beberapa kali.

 

3. Papan peringkat

Leaderboard atau papan peringkat adalah suatu metode yang memudahkan setiap pelanggan untuk melihat hasil posisinya dengan dibandingkan pengguna lainnya berdasarkan skor yang sudah didapatkan. Hal tersebut mampu membuat pelanggan merasa semakin kompetitif dan terus menerus berkompetisi dengan pelanggan lain.

 

Manfaat Gamification

Salah satu manfaat dari menerapkan strategi pemasaran gamification adalah memperbaiki sales funnel. Kenapa? Karena gamification mampu memberikan kesan yang baik untuk para pelanggan, sehingga mampu meningkatkan brand awareness Anda.

Jika para pelanggan sudah mengenal brand Anda dan memikirkannya secara terus menerus, maka akan timbul rasa penasaran pada mereka dan ingin berlangganan atau membeli produk Anda, dan pada akhirnya pelanggan potensial bisa diubah menjadi pelanggan tetap dengan menerapkan gamification.

Di dalam dunia marketing, gamification adalah suatu teknik atau metode yang menerapkan permainan atau game ke dalam strategi pemasaran

Dengan menerapkan strategi gamification, Anda bisa menambahkan berbagai elemen menarik pada sites website atau aplikasi dengan tantangan, hadiah, dll.

Gamification terbukti mampu meningkatkan nilai engagement, brand loyalty, serta nilai positif lainnya dalam suatu perusahaan. Pada akhirnya, strategi gamification yang tepat mampu meningkatkan keuntungan atau laba perusahaan Anda, sehingga mampu mencapai tujuan bisnis secara lebih baik.

Nah, untuk bisa memastikan keuntungan atau laba perusahaan Anda, maka diperlukan laporan laba yang tepat dan akurat. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan aplikasi akuntansi dari Accurate Online. Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.

Related posts

Tips Prospek Karir Impian Kuliah Manajemen

admin

Tips Memulai Bisnis Kuliner yang Menguntungkan

admin

Tips Membuka Toko Kelontong Yang Sukses

admin

Leave a Comment