Bisnis

Pengertian Endorse dan Kelebihannya

Di zaman yang penuh dengan digitalisasi seperti saat ini, kegiatan endorse bukanlah hal yang sulit untuk kita temui. Kegiatan ini sering dilakukan oleh hampir seluruh akun artis atau selebgram di sosial media. Mereka melakukan promosi dari berbagai macam produk barang dan jasa. Namun, apa itu endorse?

Kegiatan endorse ini bisa dilakukan secara terang-terangan yang dibalut dengan caption berisikan kalimat bersifat persuasif. Tapi, ada banyak juga perusahaan atau brand yang meminta artis untuk melakukan kegiatan endorse secara natural atau yang sering disebut dengan soft selling. Mereka menggunakan kekuatan dari artis atau selebgram tersebut untuk melakukan kegiatan promosi.

 

Pengertian Endorse

Lantas, apa itu endorse, dan bagaimana penerapannya? Jadi, pada dasarnya endorse itu sendiri diserap dari bahasa Inggris yang artinya dukungan, pengesahan atau persetujuan atas segala sesuatu. Dalam praktik pelaksanaannya.

Kegiatan endorse ini menjadi bagian dari aktivitas promosi iklan yang memanfaatkan pihak lain untuk mendukung dan juga memasarkan suatu produk barang atau jasa, yang di dalamnya juga termasuk menjadi bagian dari digital marketing.

Kegiatan ini semakin ramai dilakukan seiring dengan perkembangan tekonologi sosial media di zaman digital seperti saat ini. Bahkan, saat ini sudah banyak penjual yang memilih kegiatan endorsement sebagai bentuk kegiatan promosi agar produk barang atau jasanya menjadi laris di pasar.

Terlebih lagi, kegiatan ini juga tidak memerlukan banyak waktu, biaya dan peraturan lainnya, tapi hasilnya akan sangat mempengaruhi kegiatan penjualan.

Kegiatan endorsement ini juga tidaklah rumit. Tingkat keefektifitasan dari kegiatan endorsement ini juga dinilai lebih baik apabila dibandingkan dengan berbagai promosi lainnya, khususnya apabila dibandingkan dengan kegiatan tradisional biasa seperti pemasangan flyer atau membagikan selebaran.

 

Kelebihan Promosi dengan Cara Endorse

Setelah kita membahas tentang pengertian endorse, maka kita harus mengetahui apa saja kelebihan dari metode pemasaran ini, berikut ini adalah kelebihan iklan dengan menggunakan cara endorse.

 

1. Kegiatan Promosi Sangat Efektif

Seperti yang sebelumnya sudah kita bahas, bahwa setiap akun artis atau orang terkenal biasanya mempunyai followers yang selalu memperhatikan kegiatan mereka. Selain itu, berbagai hal yang sifatnya pribadi pun sering kali mereka unggah ke media sosial untuk menjadi konsumsi masyarakat.

 

2. Menghemat Biaya Pemasaran

Selain efektif, kegiatan pemasaran menggunakan endorsement juga biasanya lebih hemat. Artinya, dana yang dikeluarkan akan jauh lebih hemat dan akan berdampak besar daripada menggunakan media lain seperti tv, atau radio.

 

3. Meningkatkan Penjualan dan Jumlah Followers

Kebanyakan artis pasti memiliki banyak fans yang mengikuti gaya dan juga menggunakan produk apapun yang digunakan oleh artis tersebut.

 

Jadi kesimpulannya, apa itu endorse? Pengertian endorse adalah bagian dari aktivitas promosi iklan yang memanfaatkan pihak lain untuk mendukung dan juga memasarkan suatu produk barang atau jasa, yang di dalamnya juga termasuk menjadi bagian dari digital marketing.

Anda tidak bisa menentukan artis atau selebgram yang ingin Anda endorse hanya dengan memperhatikan jumlah followersnya saja. Karena, mereka yang memiliki jumlah followers kecil terkadang mempunyai engagement rate yang lebih tinggi dan lebih cocok untuk mengiklankan produk dari pada mereka yang memiliki jumlah followers banyak.

Dengan begitu, keuntungan atau laba yang Anda dapatkan pun tentunya akan menjadi lebih banyak dan bisnis Anda pun bisa menjadi lebih sukses. Namun, Anda harus mampu mencatat laba rugi bisnis Anda secara maksimal sebelum agar bisnis Anda sukses. Nah, untuk memudahkan Anda dalam melakukan hal tersebut, Anda bisa menggunakan program akuntansi dari Accurate Online. Salah satu software akuntansi yang bisa Anda pilih adalah Accurate Online. Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.

Related posts

Peluang Usaha Dengan Modal Kecil Yang Menguntungkan di Tahun 2020

admin

Bisnis Open Trip: Mendulang Untung Besar dari Usaha ala Zaman Now

admin

Inilah 5 Tips untuk Memulai Bisnis Fashion Bagi Pemula Agar Cepat Sukses

admin

Leave a Comment