Tips & Trick

Pengertian Efektif WhatsApp Marketing

WhatsApp menjadi salah satu aplikasi perpesanan yang memungkinkan pengguna mengirim pesan, dokumen, gambar, panggilan gambar serta video secara gratis. Aplikasi ini pun mengembangkan WhatsApp Marketing yang ditujukan bagi pebisnis untuk memasarkan produknya dengan mudah.
Salah satu alasan mengapa perlu melakukan pemasaran melalui WhatsApp yaitu kemungkinan banyak pelanggan yang sudah menggunakan aplikasi tersebut. Pebisnis juga harus lebih inovatif dalam melakukan promosi karena aplikasi tersebut tidak menjual ruang iklan seperti sosial media lain. Oleh karena itu, pebisnis perlu memahami dan mengembangkan strategi pemasaran khusus untuk WhatsApp.
Aplikasi perpesanan tersebut didesain untuk memudahkan pebisnis untuk lebih fokus dalam melayani pelanggan. Selain itu, WhatsApp untuk bisnis ini cukup aman sehingga pebisnis dapat membedakannya dari akun pribadi. Nah, berikut ini penjelasan mengenai WhatsApp Marketing dan cara menggunakannya untuk strategi pemasaran yang perlu diketahui.

 

Apa Itu WhatsApp Marketing?

WhatsApp merupakan aplikasi gratis untuk melakukan perpesanan hanya dengan menggunakan koneksi internet. Aplikasi ini memungkinkan pengguna berbagi gambar, video, audio, file, serta dapat melakukan panggilan video dan suara secara gratis. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat mengcover biaya SMS yang cukup tinggi.
Ketika Anda memikirkan layanan pemasaran Digital atau pemasaran internet, situs-situs seperti Facebook dan Instagram mungkin satu-satunya yang menarik perhatian Anda saat ini.
Tetapi ketika datang ke aplikasi messenger, Anda harus memikirkan hal mendalam mengenai pengguna. Pemimpin di antara aplikasi messenger saat ini adalah Whatsapp. Whatsapp marketing memiliki cara unik dalam industri promosi dan tidak dapat diabaikan.
Tidak hanya itu, aplikasi ini pun mencoba berinovasi dengan mengembangkan WhatsApp Business, aplikasi yang ditujukan khusus bagi pebisnis yang ingin memudahkan proses pemasaran produknya ke pelanggan. WhatsApp bisnis ini sebenarnya memiliki fitur yang tidak jauh berbeda dengan aplikasi utamanya.
Aplikasi ini cukup membantu pengguna untuk mengorganisir pesan dari pelanggan agar tidak bercampur dengan pesan dari pengguna lain. Sebagai aplikasi yang populer, WhatsApp bisa digunakan di berbagai tipe smartphone, baik iOS maupun Android. Aplikasi perpesanan ini juga dapat diunduh dengan mudah melalui Google Play Store atau AppStore secara gratis.
Whatsapp adalah aplikasi media sosial yang digunakan orang untuk berinteraksi dengan pengguna lain. Jadi, Anda harus ingat bahwa Anda tidak melakukan setiap percakapan tentang perusahaan Anda sendirian. Ingat pengguna lain memiliki kekuatan untuk menghapus atau memblokir pesan Anda dengan satu klik.

Peran WhatsApp untuk Meningkatkan Bisnis

Sebagai pelaku bisnis, melakukan promosi sangat penting untuk meningkatkan nilai jual suatu produk. WhatsApp Marketing ternyata memiliki peran tersendiri dalam menarik pelanggan. Berikut ini beberapa peran WhatsApp untuk meningkatkan bisnis, antara lain:

1. Menjaring Banyak Customer

WhatsApp memberikan kemudahan bagi pelanggan yang ingin melakukan chat dengan penjual, baik membeli produk atau hanya sekedar bertanya. Pebisnis pun dapat lebih cepat dan efisien dalam menjangkau serta melayani pelanggan. Selain itu, penjual juga bisa lebih dekat dengan pelanggan untuk memasarkan produknya.

2. Membuat Grup untuk Memudahkan Pemasaran

Salah satu fitur dalam aplikasi WhatsApp yaitu dapat membuat grup chat yang dapat diisi hingga 100 orang. Grup tersebut berguna untuk berbagi informasi maupun promosi kepada pelanggan. Sehingga pebisnis dapat tetap terhubung dengan pelanggan dengan mudah. Selain itu, grup juga bisa digunakan untuk reseller yang membantu menjualkan produk supaya lebih terkontrol.

3. Memantau Sistem Pengiriman

Menjalankan bisnis online sudah pasti akan memiliki pelanggan yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia atau bahkan luar negeri. WhatsApp bisa membantu pebisnis dalam melakukan pengiriman barang hanya dengan melalui titik koordinat lokasi yang dikirimkan pelanggan. Pebisnis pun dapat mengoptimalkan biaya operasional dengan memilih rute terpendek saat melakukan pengiriman barang.

 

Cara Efektif Berbisnis Menggunakan WhatsApp Marketing

WhatsApp menjadi salah satu aplikasi pilihan yang banyak memberikan keuntungan bagi para pebisnis. Tentunya pebisnis memerlukan strategi yang tepat dalam memasarkan produk kepada pelanggan. Inilah beberapa cara efektif dan strategi dalam menggunakan WhatsApp Marketing sebagai berikut.

1. Mengumpulkan Kontak Pelanggan

Kunci utama memasarkan produk melalui WhatsApp Marketing yaitu dengan mengumpulkan kontak dari calon pelanggan. Kontak pelanggan tersebut bisa didapatkan melalui sosial media seperti Instagram, Twitter, atau Facebook.
Pebisnis juga bisa menggelar pameran produk untuk mendapatkan kontak calon pelanggan. Calon pelanggan bisa mengisi identitas diri untuk mendapatkan promo bersyarat. Dengan begitu, pebisnis bisa melakukan follow up untuk memasarkan produk tersebut. Pebisnis pun dapat membuat grup atau mengirim pesan broadcast kepada pelanggan tersebut untuk memasarkan produk.

2. Meminta Calon Pelanggan Menyimpan Nomor Pebisnis

Apabila sudah memiliki nomor calon pelanggan, kini giliran pebisnis yang meminta untuk nomornya di simpan. Pebisnis dapat mengirimkan pesan broadcast atau membuat grup jika calon pelanggan menyimpan nomornya. Pesan broadcast tidak akan masuk jika calon pelanggan tidak menyimpan nomor tersebut.

3. Buat Persona Merek yang Menarik untuk Diri Sendiri

Whatsapp adalah aplikasi perpesanan sosial yang digunakan orang untuk menjangkau keluarga dan teman mereka. Strategi pemting untuk menggunakan Whatsapp marketing untuk bisnis Anda adalah mempromosikan bisnis Anda dengan menyesuaikan dan membuat persona merek yang menarik.
Dengan cara ini, bisnis Anda akan lebih mudah untuk terlibat dengan pelanggan di WhatsApp. Ini akan membantu dalam membangun kepercayaan dan akan menghasilkan keuntungan untuk bisnis Anda juga.

4. Tawarkan Konten yang Relevan kepada Pelanggan

Broadcast merupakan fitur untuk membagikan pesan ke beberapa orang sekaligus. Pesan broadcast ini dapat berupa informasi dan promosi produk yang akan dijual. Membagikan pesan ini perlu dilakukan secara rutin namun tidak harus setiap hari, misalnya dapat dilakukan selama 2 kali dalam seminggu.
Whatsapp telah memiliki keterlibatan pengguna yang lebih tinggi daripada Facebook. Ini sepertinya menjadi peluang besar sekaligus. Tetapi mengirim pesan terus menerus dengan penawaran yang tidak relevan tidak akan membuahkan hasil dan akan mengganggu target konsumen.
Anda perlu menawarkan konten yang hebat, hadiah, gratis, dan lain-lain kepada pengguna tentang topik yang relevan untuk memastikan bahwa mereka terlibat dengan Anda.

5. Berinteraksi Melalui Grup

Bergabung dalam suatu grup dapat menjadi langkah awal pebisnis untuk melakukan promosi. Ada baiknya jika pebisnis perlu mengenal anggota grup terlebih dahulu agar tidak ada yang merasa terganggu atau tidak nyaman. Untuk mengenal anggota grup memang membutuhkan waktu namun setelah itu pebisnis bisa mencoba mempromosikan produk secara bertahap.
Bergabung di grup juga dapat membantu pebisnis mendapatkan calon pelanggan baru dengan mudah. Selanjutnya mempromosikan produk dapat dilakukan melalui jawatan pribadi supaya anggota grup yang lain tidak terganggu.

 

Untuk memudahkan dalam pengelolaan proses pembukuan pada usaha, ada baiknya Anda menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan dan memiliki fitur yang sesuai kebutuhan bisnis Anda, contohnya adalah Accurate Online.
Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki harga terjangkau dan fitur terlengkap seperti pencatatan pembelian dan penjualan, penghitungan aset, penghitungan dan pelaporan pajak, pengelolaan dan pemantauan stok, payroll, rekonsiliasi otomatis, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan, dan masih banyak lagi. Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.

Related posts

Tips Online Marketing yang Cocok Untuk Pemula

admin

7 Konsep Marketing Mix Agar Omzet Meningkat!

admin

Tips Sukses Jualan Online di Tahun Ini

admin

Leave a Comment