Tips & Trick

Pengertian Digital Branding dan Strategi

Digital branding merupakan kunci sukses utama dalam dunia bisnis online. Kenapa? Karena saat ini kita sudah hidup di era serba digital, sehingga kita harus lebih paham tentang pengertian dari digital branding itu sendiri.

Mayoritas orang selalu terlibat dengan dunia yang sangat jauh lebih besar dengan adanya internet. Oleh karena itu, Anda harus memanfaatkan internet dalam hal membangun brand bisnis Anda. Nah, pemanfaatan lewat internet dalam membangun brand ini disebut dengan digital branding.

 

Pengertian Digital Branding

Agar bisa memahami lebih dalam tentang pengertian digital branding, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang arti sebenarnya dari branding, serta komponen apa saja yang ada di dalamnya. Untuk itu, simaklah penjelasan tentang branding ini.

Branding merupakan sebuah upaya kreatif dalam memberikan informasi pada masyarakat tentang perusahaan Anda. Dengan adanya branding, bisnis Anda akan lebih lebih berkesan bagi masyarakat sehingga akan lebih mudah dan akan selalu teringat.

 

Strategi Digital Branding yang Ffektif

Mungkin Anda akan bingung bagaimana cara yang harus dilakukan dalam melakukan branding pada bisnis Anda. Jangan khawatir, berikut ini kami adalah berbagi strategi digital branding yang sudah kami rangkum khusus untuk Anda:

 

1. Logo

Logo merupakan suatu hal yang penting karena komponen ini merupakan identitas visual dari suatu merk. Dengan adanya logo, maka produk Anda akan lebih mudah diingat dan dikenal oleh banyak orang. Logo juga bisa dijadikan sebagai identitas utama dari seluruh platform dan channel marketing yang akan Anda gunakan. Oleh karena itu, logo sangat penting dalam mencerminkan suatu kepribadian dan jiwa pada suatu brand.

 

2. Website

Jika logo bisa diartikan sebagai sebuah simbol dari bisnis Anda, maka website bisa diartikan sebagai platform digital yang berguna sebagai etalase produk Anda. Saat pelanggan Anda ingin lebih banyak mengetahui tentang produk atau jasa Anda, maka mereka bisa membuka halaman informasi umum, jam kerja pelayanan, siapa orang di balik layar, dll. pada website Anda.

 

3. Brand Messaging

Brand messaging merupakan pesan yang ingin bisnis Anda sampaikan pada calon pelanggan. Contohnya, bila Anda membuka usaha kedai kopi dengan biji kopi yang diambil langsung dari petani lokal, maka pesan ini harus Anda sampaikan pada brand message Anda.

Selain itu, pesan yang disampaikan pun harus sesuai dengan misi bisnis serta kegiatan yang bisnis Anda tekuni. Jangan lupa juga untuk bisa selalu fokus pada kebutuhan serta keinginan pelangan Anda.

 

4. SEO

SEO atau Search Engine Optimization akan memastikan brand dan produk Anda menjadi sangat mudah ditemukan oleh mesin pencari seperti google. Beberapa alat yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari dan meriset kata kunci pada artikal Anda adalah Ahrefs, Ubersuggest, atau Keyword Tool dari Google.

 

5. Sosial Media

Rasanya, hampir semua orang saat ini memiliki media sosial. Bahkan, sebagian besar sisi kehidupan manusia saat ini hampir semuanya sudah terisi oleh sosial media. Sehingga, Anda bisa menfaatkan kondisi ini untuk melakukan digital branding yang menarik agar mampu menarik lebih banyak pelanggan.

Namun saat menggunakannya, Anda harus memiliki sikap seperti para influencer, artinya Anda harus menjadwalkan waktu posting konten, memerhatikan komentar, dan merespon dm yang masuk. Selain itu, pantau jugalah perkembangan konten media sosial Anda.

 

6. Email Marketing

Dengan banyaknya tool atau alat canggih diluar sana yang mampu memasarkan merk secara digital, sebagian orang telah melupakan peran penting email. Padahal faktanya, email merupakan cara mudah dalam menjangkau pelanggan, terutama untuk mereka yang anti atau tidak menggunakan sosial media.

 

7. Periklanan Online

Iklan online bisa Anda jadikan sebagai salah satu strategi digital branding yang sangat ampuh karena memiliki banyak sekali format yang lebih terukur. Saat ini, Anda bisa memanfaatkan begitu banyak media untuk beriklan di dunia digital, seperti search engine ads, display ads, social media ads, mobile feed dan desktop feed ads, retargeting ads, dan google adwords.

 

8. Content Marketing

Membuat pelanggan untuk setia menggunakan brand Anda dan membuat mereka bisa kembali membeli produk atau layanan Anda bukanlah hal yang mudah dilakukan.

Content marketing merupakan salah satu cara yang sangat efektif dalam membangun ikatan yang erat antara calon pelanggan dengan produk Anda. Selain itu, content marketing juga bisa membuat branding terlihat lebih hidup.

Jika pada pemasaran digital penerapannya lebih fokus pada penjualan, maka content marketing akan lebih fokus pada keterlibatan audiens dengan konten Anda. Suatu iklan content marketing yang sukses mampu membuat calon pelanggan Anda tertarik untuk melakukan pembelian dan membuat mereka antusias terhadap brand Anda.

 

9. Influencer Marketing

Influencer marketing merupakan strategi digital branding yang menggunakan jasa mereka yang memiliki followers atau pengikut yang banyak untuk memposting brand Anda. Proses pemilihan influencer marketing pun tidak terlalu susah. Anda hanya perlu melakukan hal ini:

Proses marketing Anda akan terasa lebih organik jika dilakukan oleh orang yang tepat. Walaupun para influencer memang dibayar untuk mempromosikan brand Ana, namun mereka akan membuat konten khusus yang sesuai dengan gaya serta kreativitas yang biasa mereka bangun. Dengaan begitu, tugas tim marketing Anda akan menjadi lebih ringan.

 

Di era digital yang memanfaatkan segalanya dengan teknologi seperti saat ini, memahami pengertian digital branding dan menerapkannya merupakan dua hal yang penting dalam upaya memperkenalkan brand bisnis Anda secara online. Berbagai keuntungan yang menarik bisa Anda dapatkan jika bisa menerapkan beberapa tips diatas.

Namun, Jika Anda masih terasa sulit menjalankan strategi tersebut karena harus mengatur sistem perencanaan keuangan dan masalah akuntansi lainnya. Maka Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.

Agar lebih mudah dalam melakukan strategi tersebut, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate online. Kenapa? Itukan software akuntansi? Karena, Accurate Online memiliki fitur yang memudahkan Anda dalam mengatur biaya produk, mengontrol stok barang, dan memantau laporan keuangan bisnis Anda secara mudah dan terintegrasi. Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.

Related posts

Tips Membuka Bisnis Clothing Line

admin

Tips Menggapai Financial Freedom yang di Impikan Banyak Orang

admin

Tips Membuat Laporan Laba Rugi

admin

Leave a Comment