Keuangan

Pemahaman Kinerja Keuangan Dalam Sebuah Bisnis

Kinerja keuangan adalah bagian paling penting dalam sebuah usaha atau dunia bisnis, karena sebuah laporan adalah kata kunci untuk melihat kinerja sebuah perusahaan. Manajemen keuangan sebuah perusahaan bisa menjadi perhatian besar untuk melihat keberhasilan perusahaan tersebut, maka keuangan perusahaan tersebut harus jelas dan transparan.

 

Pengertian Kinerja Keuangan

Pengertian arti kata kinerja secara harfiah adalah performa, yang berarti dalam sebuah pekerjaan maka kinerja adalah penampilan dalam bekerja atau bisa juga disebut sebagai etos kerja. Sedangkan untuk masalah keuangan, kinerja tersebut sangat dibutuhkan agar keuangan sebuah perusahaan bisa stabil dan terkontrol.

Dalam sebuah perusahaan, pengertian dari kinerja keuangan adalah sebuah laporan keuangan yang merupakan evaluasi dari perkembangan perusahaan tersebut.  Laporan keuangan tersebut bisa menampilkan bagaimana potensi dari perusahaan tersebut akan mengarah ke mana, menuju kesuksesan atau sebaliknya.

Jika sebuah perusahan memiliki data laporan keuangan yang kurang seimbang, maka potensi perusahaan untuk menjadi bangkrut akan sangat terlihat nyata. Oleh karena itu, kinerja atau laporan keuangan sangat penting bagi sebuah perusahaan.

 

Fungsi Kinerja Keuangan Bagi Perusahaan

Setelah mengetahui pengertian dari kinerja dari keuangan perusahaan, maka Anda juga harus mengetahui apa saja fungsi dari kinerja tersebut. Fungsi dari tersebut, dapat menjadi penilaian sebuah perusahaan agar bisa mempunyai standar tersendiri. Beberapa fungsi dari kinerja atau laporan keuangan perusahaan adalah sebagai berikut.

 

1. Solvabilitas Dapat Terlihat

Solvabilitas adalah sebuah kewajiban keuangan sebuah perusahaan, kewajiban ini akan dapat terlihat jika sebuah perusahaan mengalami kebangkrutan atau likuidasi. Sehingga, perusahaan harus memperlihatkan dengan jelas keuangan perusahaan untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

 

2. Stabilitas Diketahui

Untuk mengukur kestabilan sebuah perusahaan. Karena potensi keuangan dalam perusahaan menentukan stabil atau tidaknya perusahaan tersebut. Dengan begitu kestabilan perusahaan sudah dapat diketahui, jika Anda sudah melihat bagaimana laporan keuangannya dengan jelas.

 

3. Likuiditas Menjadi Transparan

Pengertian dari likuiditas adalah kemampuan, dimana sebuah perusahaan memiliki likuiditas pada saat berada di kisaran angka yang memang menunjukkan angka yang sangat bagus. Jika perusahaan semakin baik dalam hal likuiditas, maka makin dipercaya perusahaan tersebut di mata klien-kliennya.

 

4. Rentabilitas Lebih Detail

Rentabilitas sebuah perusahaan merupakan sebuah keuntungan yang bisa didapat oleh perusahaan tersebut, begitu juga profitabilitas juga sama dengan rentabilitas yang merupakan kemampuan perusahaan untuk menunjukkan jumlah keuntungan atau laba perusahaan. Dalam hal fungsi dari kinerja keuangan, rentabilitas perusahaan terlihat lebih detail.

 

Agar lebih mudah dalam melakukan strategi tersebut, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate online. Kenapa? Itukan software akuntansi? Karena, Accurate Online memiliki fitur yang memudahkan Anda dalam mengatur biaya produk, mengontrol stok barang, dan memantau laporan keuangan bisnis Anda secara mudah dan terintegrasi. Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.

Related posts

UMKM Yang Terdampak Covid-19 Bisa Pinjam Kredit Modal Kerja

admin

Pengertian Lengkap Manajemen Aset

admin

Inilah Pengertian dan Fungsi Rekening Koran

admin

Leave a Comment