Bisnis

Mengetahui Pentingnya Bargaining Power pada Bisnis

Memiliki bargaining power atau daya tawar dalam suatu bisnis bisa menjadi salah satu modal penting untuk meraih keuntungan. Dengan memiliki daya tawar yang lebih baik di antara para kompetitor, tentunya bisnis Anda akan lebih mudah dilirik oleh calon konsumen dan mitra bisnis saat melakukan negosiasi.

Menegosiasikan persyaratan kesepakatan apa pun, formal maupun tidak, adalah masalah yang rumit. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan apa itu bargaining power, apa yang dapat memengaruhinya, dan apa signifikansinya dalam bisnis.

Berikut adalah pembahasan lengkap tentang bargaining power dan cara meningkatkannya untuk membuat usaha Anda lebih menguntungkan:

 

Apa Itu Bargaining Power?

Bargaining power atau daya tawar adalah ukuran kapasitas satu pihak untuk mempengaruhi pihak lain. Ini adalah poin penting dalam negosiasi karena pihak-pihak dengan daya tawar yang lebih tinggi dapat memanfaatkan keadaan mereka untuk mencapai kesepakatan yang lebih diinginkan dengan pihak lain.

 

Faktor-faktor yang mempengaruhi daya tawar adalah sebagai berikut:

 

1. Memiliki alternatif

Jika salah satu pihak tidak perlu berurusan dengan pihak lain, karena mereka memiliki alternatif, maka mereka memiliki bargaining power yang lebih besar. Ini karena mereka menghadirkan risiko karena dapat meninggalkan kesepakatan tanpa menyebabkan terlalu banyak masalah bagi diri mereka sendiri.

 

2. Mudah beralih ke alternatif  lain

Demikian pula, suatu pihak yang memiliki daya tawar yang lebih besar jika ada sedikit masalah di dalamnya akan mudah beralih ke alternatif lain, dan sebaliknya.

 

3. Kurangnya kebutuhan / kepentingan

Jika salah satu pihak dalam negosiasi dapat meninggalkan kesepakatan tanpa mengalami konsekuensi apa pun, baik karena kurangnya kebutuhan atau kepentingan untuk menghentikan kesepakatan, maka mereka memiliki daya tawar yang lebih besar.

Sekali lagi, ini karena secara tidak langsung mengancam pihak lain dengan kehilangan bisnis, sehingga mereka harus menawarkan ‘tawar-menawar’ yang lebih baik.

 

4. Pengetahuan yang relevan

Memiliki pengetahuan di bidang yang relevan juga memberikan daya tawar yang lebih besar kepada para pihak. Ini karena mereka kurang rentan untuk membuat kesepakatan yang tidak menguntungkan karena kurang informasi atau informasi yang salah.

 

Mengapa Bargaining Power Penting dalam Bisnis

Bargaining power dapat menjadi konsep yang berguna dalam membantu Anda memutuskan bagaimana menentukan harga produk secara efektif dan membuat kesepakatan.

Dua kekuatan tawar menawar yang penting di sini adalah milik pelanggan dan bisnis. Untuk menciptakan strategi penetapan harga yang optimal, bisnis ini harus mempertimbangkan daya tawar mereka sendiri sebagai penjual.

Agar lebih mudah dalam melakukan strategi tersebut, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate online. Kenapa? Itukan software akuntansi? Karena, Accurate Online memiliki fitur yang memudahkan Anda dalam mengatur biaya produk, mengontrol stok barang, dan memantau laporan keuangan bisnis Anda secara mudah dan terintegrasi. Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.

Related posts

Informasi Lengkap Seputar Modal Ventura

admin

Cara UKM Maksimalkan Teknologi di Tengah Krisis Pandemi

admin

Arti Omnibus Law dan Isi RUU Cipta Kerja

admin

Leave a Comment