Tips & Trick

Mengetahui Lebih Jauh Tentang North Star Metric

Dalam membangun sebuah bisnis, tentunya Anda akan dihadapkan dengan berbagai masalah kompleks yang ditimbukan dari banyak bagian di bisnis Anda sendiri. Tidak hanya Anda, tim yang Anda bangun atau rekan yang bekerja bersama Anda juga merasakan hal yang sama, terlebih jika Anda adalah seorang atasan. Dengan north star metric Anda dapat menemukan cara dan tujuan yang tepat dan bermanfaat untuk membuat Anda dan tim Anda lebih maju. Struktur terencana adalah kunci untuk sukses. Struktur yang memberikan tujuan tunggal yang menentukan keputusan bersama.

 

Pengertian North Star Metric

North star metric membantu Anda dalam mewujudkan tujuan tunggal yang perusahaan Anda ciptakan. Metrik ini membantu memberikan arah dan menyelaraskan semua metrik lainnya secara bekesinambungan dan bersama-sama. Perusahaan Anda akan memiliki misi untuk memenuhi kebutuhan atau proposisi nilai yang sudah ditentukan.

North star metric memberi Anda arah yang sejalan dengan nilai yang Anda tawarkan kepada pelanggan Anda. Langkah-langkah kunci dari keterlibatan ini membantu tim Anda membangun model pertumbuhan bisnis Anda.

 

Mendefinisikan North Star Metric

Konsep North Star Metric awalnya muncul dari Silicon Valley, dan sering digunakan oleh perusahaan sebagai investasi dalam pertumbuhan berkelanjutan dan jangka panjang. Metrik ini berfokus pada produk dan Core (nilai inti) yang diberikannya kepada pelanggan. Core yang diterima pelanggan Anda dari produk Anda diukur dengan langkah-langkah utama dalam pengalaman nyata konsumen. North star metric banyak digunakan perusahaan teknologi terkait dengan menjaring pengguna baru dan keterlibatan user yang sudah terdaftar.

Metrik ini akan membantu Anda dalam meningkatkan atau menciptakan mekanisme yang pada akhirnya mendorong produktivitas dan membentengi model pertumbuhan bisnis Anda dari disrupsi.

 

Cara menemukan North star metric ?

Untuk menentukan NSM yang paling penting bagi model pertumbuhan bisnis Anda, Anda harus melihat bagaimana produk Anda memberikan nilai kepada pelanggan Anda. Anda harus dapat memahami nilai yang didapatkan pelanggan dari produk Anda yang melihat keterlibatan pengguna dan tingkat aktivitas. Berikut kami berikan contohnya:

    1. Medium ( aplikasi pembaca dan penulis artikel) NSM mereka adalah “total waktu membaca pengguna,”
    2. Facebook NSM mereka adalah “pengguna aktif harian,”
    3. Airbnb NSM mereka adalah “banyaknya malam dipesan,”
    4. Untuk didalam negeri sendiri ada Go-Jek dengan NSM mereka adalah “ Transaksi berhasil”

Mencari NSM memang bukan hal yang mudah. Bahkan untuk perusahaan sekelas Go-Jek saja masih salah menentukan NSM mereka. Sebelum mengambil keputusan bahwa NSM meraka adalah jumlah transaksi yang selesai, Go-Jek menjadkan conversion rate (berapa banyak order yang berhasil selesai dari semua order) sebagai metrik utama. Tapi mereka menyadari bahwa ini adalah metrik yang salah.

 

Jika Anda kesulitan untuk melakukan pembukuan manual, Anda bisa menggunakan Accurate Online. Accurate Online adalah software akuntansi yang cocok untuk berbagai jenis bisnis, mulai usaha dagang sampai jasa, UKM sampai pabrik manufaktur. Memiliki fitur terlengkap dengan harga terjangkau menjadikan Accurate Online sebagai software akuntansi kepercayaan 300 ribu pengguna dan pemilik usaha di Indonesia. Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.

Related posts

6 Tips Agar WFH Tetap Produktif

admin

Inilah Model Pemasaran Online yang Wajib Diketahui

admin

Pengertian Hard Selling dan Soft Selling

admin

Leave a Comment