Fitur

Melalukan Set Up Fitur Komisi Penjualan Pada Accurate Online

Jika Anda memeiliki bisnis yang terdapat komisi pada setiap penjualan barang atau jasa, menggunakan Accurate Online adalah pilihan yang tepat. Accurate Online memiliki ftur untuk menghitung besaran komisi penjualan pada setiap barang yang habis terjual oleh tim atau tenaga penjualan pada bisnis Anda.

Misalnya Anda sebagai pemasok barang sekaligus menjalankan bisnis afiliasi, tentunya penghitungan komisi adalah sebuah poin penting. Tidak hanya untuk bisnis Anda, tapi juga untuk salesman yang memasarkan produk Anda. Jika jumlah perhitungan antara Anda dan tenaga penjual produk Anda berbeda, maka tentunya ini akan menjadi masalah bagi perkembangan bisnis Anda.

Dengan Accurate Online Anda tidak perlu lagi kesulitan untuk menghitung besaran komisi atas penjualan barang-barang tersebut, karena hal tersebut sudah terhitung secara otomatis melalui fitur komisi penjual pada sistem Accurate Online.

Fitur komisi penjual pada Accurate Online sendiri terdiri dari dua macam yaitu membuat komisi penjualan berdasarkan kuantitas dan komisi penjualan bertingkat. Untuk mengetahui perbedaan dan cara menggunakan kedua fitur tersebut berikut adalah caranya:

Membuat Komisi Penjual Berdasarkan Kuantitas

Perhitungan komisi penjual pada Accurate Online mengakomodir perhitungan komisi seperti perhitungan berdasarkan kuantitas dan nilai barang yang terjual dan perhitungan berdasarkan persentase atau nilai tetap dari setiap kuantitas atau nilai barang yang terjual.

Cara membuat komisi penjual berdasarkan caranya adalah seperti ini :

1. Klik menu Penjualan lalu pilih opsi Komisi Penjual.

2. Sebagai contoh pada gambar dibawah ini perhitungan komisi adalah perhitungan komisi berdasarkan:

  • Kuantitas barang terjual dengan antara 100 sd 1000.
  • Tenaga penjual atau sales akan mendapatkan 10% dari nilai penjualan barang
  • Berlaku untuk semua tenaga penjual.
  • Berlaku untuk semua barang
  • Berlaku untuk semua pemasok
  • Jika sudah pilih opsi simpan

Fitur Komisi Penjual ini akan bisa bekerja jika pada saat membuat faktur penjualan, nama penjual dimasukkan dan memenuhi syarat dan ketentuan yang tertera pada komisi penjual.

Membuat Komisi Bertingkat

Komisi Bertingkat merupakan fitur pada Accurate Online yang berfungsi untuk mencatat komisi atas suatu barang jika tenaga penjual atau salesman terdiri lebih dari satu orang atau berjenjang.

1. Pertama buat jenjang komisi terlebih dahulu. Dibawah ini adalah contoh kasus dan tangkapan gambar dalam membuat 2 komisi berjenjang  berdasarkan poin berikut :

  • Berlaku untuk semua tenaga penjual atau salesmen
  • Komisi pada jenjang pertama akan mendapatkan nilai tetap 50 ribu per faktur penjualan
  • komisi pada jenjang kedua akan mendapatkan nilai tetap 25 ribu per faktur penjualan
  • kuantitas penjualan mulai dari 1 sampai 10.000 pcs
  • Komisi hanya berlaku untuk penjualan tv sumsang dari semua pemasok

Komisi penjualan tingkat 1, jika sudah dibuat pilih simpan di sebelah kanan atas

Komisi penjualan tingkat 2, jika sudah dibuat pilih simpan di sebelah kanan atas

2.  Jika sudah tersimpan semua, Anda bisa melihat daftar yang komisi yang Anda buat melalui opsi tanda hijau pada bagian kiri atas, seperti gambar dibawah ini :

Sama seperti komisi berdasarkan kuantitas, pada komisi bertingkat akan bekerja saat Anda membuat faktur penjualan. (Untuk membuat faktur penjualan melalui Accurate Online Anda dapat melihatnya melalui Link ini )

Namun untuk komisi bertingkat Anda harus memasukan nama penjual pada saat membuat faktur penjualan secara berurutan. Nama pertama untuk komisi penjualan tingkat pertama dan nama kedua untuk komisi penjualan tingkat kedua. Contohnya seperti dibawah ini:

Pada gambar diatas, Abud menjadi penerima komisi tingkat pertama dan mendapatkan komisi sebesar 50 ribu. Sedangkan Budi menjadi penerima komisi tingkat kedua dan mendapatkan komisi sebesar 25 ribu. Saat Anda menginput nama penjual pada kolom penjual, nama yang pertama di input akan menjadi penerima komisi tingkat pertama.

Anda bisa melihat nilai komisi dari masing-masing tenaga penjual melalui menu Laporan pada Accurate Online, lalu pilih opsi Daftar Laporan dan pilih bagian Tenaga Penjual. Pilih laporan Rincian Komisi (Dihitung per Faktur), masukan bulan dan tahun, secara otomatis laporan tersebut akan tersaji seperti gambar dibawah ini.

Komisi adalah salah satu unsur kompensasi penting dalam suatu bisnis, terutama dalam bisnis retail atau bisnis perdagangan. Anda bisa menaikan semangat kerja para tenaga penjual Anda dengan memberikan komisi yang memuaskan bagi mereka. Secara otomatis hal tersebut juga akan memberikan dampak positif pada kelangsungan bisnis Anda.

Accurate Online selalu mengerti setiap kebutuhan bisnis yang terus berkembang. Dengan fitur komisi ini, Anda bisa dengan mudah untuk memantau komisi dari setiap tenaga penjual Anda dengan mudah dan cepat.

Bagi Anda yang belum menggunakan Accurate Online Anda dan ingin mencoba semu fitur untuk memudahkan bisnis, Anda bisa mencoba Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.

 

sumber : By sugi |August 8th, 2019

Related posts

Lagi! Accurate Meraih Top Brand Award untuk Kategori Software Akuntansi di Tahun 2020

admin

Menggunakan Fitur Persetujuan Transaksi Lebih Mudah Dengan Accurate Online

admin

Pembayaran Pajak Lebih Mudah dengan e-Billing

admin

Leave a Comment