Bisnis

Langkah Melakukan Analisis Rasio Keuangan Bisnis

Sudah pernah mendengar analisis rasio keuangan? Analisis rasio keuangan merupakan hal yang penting dalam dunia bisnis, terutama untuk manajemen, investor dan calon investor. Melalui analisis rasio keuangan, investor dapat menentukan besarnya investasi yang akan ditanamkan. Selain investor, analisis rasio keuangan juga bermanfaat untuk pihak manajemen sendiri, karena analisis rasio keuangan dapat digunakan untuk menilai perkembangan bisnis. Sebenarnya apa itu rasio keuangan? dan bagaimana cara melakukannya?

Analisis rasio keuangan ialah suatu alat analisa yang digunakan untuk menilai kinerja keuangan berdasarkan data perbandingan keuangan pada suatu periode. Adapun data keuangan yang digunakan meliputi tiga laporan keuangan perusahaan, yaitu laporan keuangan laba-rugi, laporan arus kasdan neraca. Laporan keuangan ini digunakan untuk memberikan informasi mengenai posisi keuangan dan kinerja perusahaan untuk mengambil keputusan.

Pengguna utama dari analisis rasio keuangan dibagi menjadi dua pihak, yaitu pihak investor dan manajemen. Meski menggunakan analisisrasio keuangan yang sama, baik dalam segi prosedur mau pun jenis analisanya, kedua pihak memiliki tujuan penggunaan masing-masing mengingat informasi dan wawasan yang dibutuhkan berbeda-beda.

Pihak investor memanfaatkan rasio keuangan untuk mengukur nilai investasi yang dilakukan sekaligus memprediksi untung atau rugi apabila berinvestasi di sebuah perusahaan. Dengan melakukan perbandingan rasio antara perusahaan atau bisnis, maka investor mampu menentukan investasi yang paling menguntungkan.

Di sisi manajemen, pemanfaatan rasio keuangan digunakan untuk memantau kinerja perusahaan sekaligus sebagai tolak ukur dalam evaluasi perkembangan bisnis. Contoh sederhananya adalah, sebuah perusahaan dapat mengetahui margin kotor yang rendah dalam analisa rasio keuangan, kemudian memikirkan cara untuk meningkatkannya.

Langkah  Analisis Rasio Keuangan

 

Sebelum membahas prosedur atau cara melakukan analisis, ada baiknya Anda mengerti langkah tujuan dari analisis laporan keuangan. Beberapa langkah tujuan analisis rasio keuangan yakni:

  1. Untuk menilai kinerja keuangan perusahaan sehingga membantu membuat keputusan investasi.
  2. Menggali informasi dibalik laporan keuangan suatu perusahaan.
  3. Mengetahui kesalahan yang ada pada laporan keuangan.
  4. Membandingkan perusahaan dengan perusahaan lain atau antar waktu.
  5. Memprediksi potensi yang mungkin dialami perusahaan di masa yang akan datang.
  6. Memberikan informasi yang diinginkan oleh para pengambil keputusan, dan sebagainya.

 

Hal penting lainnya yang harus Anda lakukan jika bisnis Anda sudah jalan yakni adalah pembukuan yang baik. Dalam setiap bisnis atau usaha pembukuan adalah hal penting, tidak terkecuali untuk usaha Anda. Dengan mencatat semua transaksi yang terjadi ke pembukuan, menjadikan Anda tahu perkembangan bisnis Anda secara detail dari sisi keuangan dan nantinya Anda dapat membuat keputusan yang tepat untuk pengembangan bisnis.

Jika Anda kesulitan untuk melakukan pembukuan manual, Anda bisa menggunakan Accurate Online. Accurate Online adalah software akuntansi yang cocok untuk berbagai jenis bisnis, mulai usaha dagang sampai jasa, UKM sampai pabrik manufaktur. Memiliki fitur terlengkap dengan harga terjangkau menjadikan Accurate Online sebagai software akuntansi kepercayaan 300 ribu pengguna dan pemilik usaha di Indonesia. Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.

Related posts

Bisnis Open Trip: Mendulang Untung Besar dari Usaha ala Zaman Now

admin

5 Tips Memaksimalkan Penyusunan Laporan Arus Kas Perusahaan

admin

Inilah 5 Kesalahan dalam Membuat Laporan Keuangan

admin

Leave a Comment