Bisnis

Inilah Strategi Content Marketing UKM Selama Social Distancing Berlangsung

Pemerintah Indonesia masih terus berusaha untuk memutus rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19. Salah satu caranya adalah dengan aturan social distancing guna membatasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan kerumunan orang banyak. Social distance adalah cara paling mudah yang dapat dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus Corona. Apa itu social distancing?

Arti social distancing adalah tindakan mengurangi kontak fisik dengan orang lain. Tujuannya adalah untuk menghindari penyebaran virus Corona melalui droplet atau percikan cairan tubuh. Bentuk social distancing bermacam-macam, contohnya adalah:

  • Menghindari keramaian
  • Mengurangi penggunaan transportasi publik
  • Beraktivitas di rumah saja, termasuk bekerja dan belajar.

Di Indonesia, social distancing sudah diterapkan sejak tanggal 16 April 2020 dengan aturan bekerja dan belajar dari rumah. Sejak kebijakan ini diterapkan, banyak pelaku UKM yang mengeluhkan adanya penurunan omzet penjualan. Aktivitas bisnis menjadi terganggu dan permintaan menurun akibat berkurangnya interaksi antar orang.

Dengan adanya kebijakan social distancing, Anda dapat melihat peluang penerapan strategi content marketing. Melalui strategi content marketing, Anda masih bisa mempromosikan bisnis tanpa harus bertemu langsung dengan konsumen. Bagaimana caranya?

Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan Content Marketing?

Content marketing adalah salah satu cara paling efektif  untuk memasarkan bisnis Anda secara online. Dengan berkurangnya interaksi fisik antar orang di luar rumah membuat aktivitas di internet meningkat. Menurut sebuah studi oleh Aberdeen Group menyatakan bahwa content marketing dapat meningkatkan conversion rate sebesar 6 kali lipat. Dengan adanya konten, komunikasi antara bisnis Anda dengan klien tetap terjaga walaupun sedang menerapkan social distancingContent marketing dapat membantu brand awareness, SEO, dan brand loyalty.

Strategi Content Marketing Paling Efektif saat Social Distancing

Sebagai pemilik bisnis, Anda harus benar-benar memastikan agar strategi content marketing berjalan maksimal. Untuk mencapai hal tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

1. Menentukan Tujuan

Tahap pertama saat Anda akan melakukan strategi pemasaran konten adalah menentukan tujuan. Apakah tujuan Anda untuk meningkatkan penjualan atau hanya brand awareness. Dari tujuan ini nanti akan mempengaruhi konten seperti apa yang cocok dibuat.

Buat rencana terperinci untuk merealisasikan strategi pemasaran konten Anda. Jangan lupa untuk menambahkan rencana cadangan, karena wabah Covid-19 ini adalah tantangan yang penuh ketidakpastian.

2. Kenali Produk

Salah satu hal yang penting dalam membuat peamsaran konten adalah mengetahui produk yang Anda ingin jual; siapa target pasarnya, apa segmentasi pasarnya, apa nilai yang dipersepsikan konsumen terhadap produk Anda. Hal ini berguna agar Anda mampu membuat dan menyesuaikan konten yang akan dibuat.

3. Tunjukan Kepedulian, Jangan Hanya Fokus Berjualan

Bisnis tidak selamanya tentang penjualan, namun juga kepedulian terhadap sekitar. Covid-19 adalah ancaman bagi semua pihak dan lapisan masyarakat di seluruh dunia. Tunjukan kepedulian bisnis Anda dengan membuat konten yang berdampak baik bagi masyarakat. Inilah yang nanti akan membuat konsumen setia menggunakan produk Anda.

4. Distribusi Konten yang Tepat

Konten Anda hanya akan menjadi sebuah strategi tanpa adanya distribusi channel yang tepat. Anda bisa memilih platform media sosial, blog, website, atau forum yang sesuai dengan jenis konten dan bisnis Anda. Selanjutnya, kelola konten tersebut dengan kalender editorial agar persebarannya lebih merata dan tepat sasaran.

Saat ini melakukan strategi content marketing adalah waktu yang tepat untuk membantu penjualan produk Anda. Ketika sudah menerapkan strategi content marketing, Anda perlu memperhatikan stok barang. Kemungkinan permintaan barang akan naik seiring dengan keefektifan pemasaran bisnis Anda.

Sebagai business owner, aplikasi software akutansi Accurate Online akan sangat membantu memperlancar bisnis Anda. Anda dapat secara langsung mengawasi pekerjaan yang memang membutuhkan pengawasan yang lebih ketat seperti keuangan. Mulai dari laporan keuangan, pembelian, penjualan hingga ketersediaan stok barang dapat langsung diketahui secara real-time.

Penggunaan teknologi memang menjadi salah satu tips terbaik agar pegawai UKM Anda agar tetap produktif selama work from home dan membuat Anda lebih bisa memantau kinerja dan kondisi bisnis di mana saja dan kapan saja.

Accurate Online adalah software akuntansi yang cocok untuk berbagai jenis bisnis, mulai usaha dagang sampai jasa, UKM sampai pabrik manufaktur. Memiliki fitur terlengkap dengan harga terjangkau menjadikan Accurate Online sebagai software akuntansi kepercayaan 300 ribu pengguna dan pemilik usaha di Indonesia. Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.

 

Related posts

Strategi Peluang Bisnis Hadapi Kemungkinan Lockdown 2.0

admin

8 Keuntungan yang Akan Anda Dapatkan Ketika Memiliki Website Toko Online

admin

Kesalahan Memilih Akuntansi Online Perusahaan

admin

Leave a Comment