Keuangan

Inilah Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang secara Sederhana

Jika Anda seorang pebisnis dan bisnis yang ditekuni adalah bisnis yang berhubungan dengan perdagangan maka Anda harus memahami siklus akuntansi perusahaan dagang. Hal tersebut sangat penting karena dengan mengetahui siklus yang terjadi akan meminimalisir terjadinya fraud. Berikut penjelasan lengkap mengenai siklus akuntansi perusahaan dagang sederhana.

Secara umum perusahaan dagang merupakan perusahaan yang aktivitas utamanya membeli, menyimpan dan menjual kembali barang dagang tanpa memberikan nilai tambah terhadapnya. Yang dimaksud nilai tambah berupa mengolah atau mengubah bentuk atau sifat barang, sedemikian rupa sehingga memiliki nilai jual yang tinggi.

Perusahaan dagang bisa dibedakan dari jenis lain dengan melihat ciri-ciri khusus yang melekat dalam suatu perusahaan dagang. Ciri-ciri perusahaan dagang sebagai berikut :

  • Pendapatan utamanya berasal dari penjualan barang dagangan.
  • Biaya utamanya berasal dari harga pokok barang yang terjual dan biaya usaha lainnya.
  • Dalam akuntansinya terdapat akun persediaan barang dagangan.
  • Sebagai perantara antara produsen dan konsumen.
  • Antara barang yang dibeli dan barang yang dijual sama atau tidak ada perubahan.
  • Tujuan utamanya mencari laba dengan cara menjual dagang dengan harga lebih tinggi dibandingkan dengan harga belinya.

Dari ciri-ciri perusahaan dagang tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan utama perusahaan dagang adalah jual beli.

Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang

Siklus akuntansi perusahaan dagang adalah proses membuat laporan keuangan perusahaan dagang pada suatu periode tertentu. Pada umumnya siklus akuntansi perusahaan dagang selalu dimulai dari transaksi sampai pada pembuatan laporan keuangan perusahaan yang dilanjutkan dengan adanya saldo yang ditutup dengan jurnal penutup sampai pada jurnal pembalik. Berikut tiga siklus akuntansi perusahaan dagang yang sudah di rangkum oleh Accurate Partners.

1. Mencatat Transaksi

Mencatat semua transaksadalah langkah pertama dalam siklus akuntansi dan digunakan untuk mencatat semua transaksi bisnis dan peristiwa dalam sistem akuntansi. Ketika peristiwa bisnis terjadi sepanjang periode akuntansi,  untuk menunjukkan bagaimana peristiwa tersebut berubah dalam persamaan akuntansi. Misalnya, ketika perusahaan membelanjakan kas untuk membeli kendaraan baru, akun kas berkurang atau dikreditkan dan akun kendaraan bertambah atau didebit.

2. Mencatat di Buku Besar

Ini adalah langkah kedua dalam siklus akuntansi perusahaan dagang. Tujuan penjurnalan adalah untuk mencatat perubahan dalam persamaan akuntansi yang disebabkan oleh peristiwa bisnis. Akun buku besar di Accurate Online mengkategorikan perubahan atau debet dan kredit ini ke dalam akun tertentu, sehingga manajemen dapat memiliki informasi yang berguna untuk tujuan penganggaran dan kinerja.

3. Membuat Neraca Saldo Belum Disesuaikan

Neraca saldo yang belum disesuaikan adalah daftar semua akun bisnis yang akan muncul di laporan keuangan sebelum Accurate Online penyesuaian akhir tahun dibuat. Itulah sebabnya neraca saldo ini disebut tidak disesuaikan. Ini adalah langkah ketiga dalam siklus akuntansi

 

Seluruh siklus akuntansi di atas adalah proses akuntansi yang bisa digunakan untuk perusahaan dagang. Setiap proses akan terus mengalami pengulangan untuk menghasilkan laporan keuangan yang bisa Anda gunakan sebagai pertimbangan untuk pengambilan keputusan bisnis.

Untuk memudahkan perusahaan dagang dalam membuat laporan keuangan, kini, software akuntansi AccurateOnline tersedia untuk para perusahaan dagang di Indonesia. Penggunaan yang cukup mudah dan dapat digunakan di mana saja membuat software akuntansi Accurate Online banyak diminati para pengusaha. Tidak perlu repot-repot bolak balik excel, tidak perlu pusing mempelajari bagaimana pembuatan akuntansi, software akuntansi Accurate Online sudah menyediakan berbagai fitur akuntansi untuk perusahaan Anda.

Accurate Online adalah software akuntansi yang cocok untuk berbagai jenis bisnis, mulai usaha dagang sampai jasa, UKM sampai pabrik manufaktur. Memiliki fitur terlengkap dengan harga terjangkau menjadikan Accurate Online sebagai software akuntansi kepercayaan 300 ribu pengguna dan pemilik usaha di Indonesia. Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.

Related posts

Laporan Keuangan yang Harus Dipersiapkan Manajer Bisnis Properti

admin

Siklus Akuntansi Biaya Pada Perusahaan Dagang

admin

4 Langkah Manajerial Keuangan Rumah Tangga

admin

Leave a Comment