Bisnis

Inilah Pengertian BUMS hingga Peran & Tahapannya

Di dalam dunia bisnis, ada bermacam-macam jenis badan usaha yang bisa didirikan di Indonesia. Setiap badan usaha memiliki tujuan dan spesifikasi yang berbeda-beda satu sama lain. Persyaratan untuk mendirikan badan usaha juga berbeda. Salah satu diantara banyaknya badan usaha di Indonesia adalah BUMS atau Badan Usaha Milik Swasta. Berikut adalah pengertian dan penjelasa lain dalam membangun BUMS di Indonesia.
Pengertian BUMS atau Badan Usaha Milik Swasta pada dasarnya adalah sebuah badan usaha yang sebagian besar modalnya dimiliki oleh pihak swasta. Tujuan dari BUMS sendiri yaitu mendapatkan keuntungan secara optimal dalam hal pengembangan usaha serta modalnya dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Peraturan yang mengatur berbunyi, bidang-bidang usaha yang diberikan kepada pihak swasta adalah bidang yang mengelola sumber daya ekonomi yang bersifat tidak vital dan strategis atau yang tidak menguasai hajat hidup orang banyak. Ada 3 jenis BUMS di Indonesia yaitu :
1. Perusahaan Swasta Nasional
Sebuah perusahaan dengan modal usaha berasal dari pihak masyarakat lokal dari dalam negeri misalnya swasta nasional contoh perusahaan swasta nasional.
2. Perusahaan Swasta Asing
Sebuah perusahaan dengan modal usahanya berasal dari pihak masyarakat luar negeri, contohnya dari Korea menanamkan modal serta implementasi perusahaannya di Indonesia
3. Perusahaan Swasta Campuran
Sebuah bentuk korporasi perusahaan yang modal usahanya didapatkan dari kerjasama antar pengusaha nasional (dalam negeri) dan pengusaha dari luar negeri.
Tujuan dan Peran BUMS
Saat mendirikan BUMS, ada beberapa tujuan yang dipenuhi. Beberapa tujuan mendirikan Badan Usaha Milik Swasta adalah:
  1. Membantu pemerintah meningkatkan pendapatan negara dengan cara membayar pajak secara rutin.
  2. Menciptakan lapangan kerja untuk mengurangi angka pengangguran di suatu wilayah.
  3. Membantu pemerintah dengan meningkatkan produksi produk dalam negeri agar mampu meningkatkan kemakmuran masyarakat.
  4. Meningkatkan pendapatan devisa negara untuk perusahaan badan usaha milik swasta yang melakukan kegiatan ekspor dan impor.
Sedangkan peran bums yakni:
  1. Menjadi Mitra BUMN.
  2. Menambah produksi nasional.
  3. Membuka kesempatan kerja.
  4. Menambah kas negara dan memacu pendapatan nasional.
Syarat mendirikan BUMS harus dipenuhi agar bisa mendirikan badan usaha yang telah direncanakan. Selanjutnya hal yang juga tidak kalah penting adalah mengelola akuntansi dalam perusahaan tersebut setelah dibangun. Untuk melakukan hal tersebut, Anda bisa menggunakan software akuntansi Accurate Online agar pekerjaan Anda menjadi lebih mudah.
Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah memudahkan 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis dalam pembukuan mereka. Mengapa Anda tidak bergabung? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui Link ini.

Related posts

6 Elemen Manajemen Bisnis yang Kudu Di Jalankan Entrepreneur

admin

Berikut Cara Mengelola Bisnis dari Rumah selama Work From Home

admin

Usaha Menguntungkan Franchise Depo Air Minum BIRU

admin

Leave a Comment