Tips & Trick

Ingin Menjadi Akuntan Perpajakan? Berikut Tipsnya

Sedang belajar di bidang akuntansi dan belum tahu profesi yang akan dituju setelah lulus nanti? Bagi yang sedang belajar di bidang akuntansi khususnya spesifikasi perpajakan harus menyimak ulasan berikut ini. pada pembahasan ini akan diulas lebih dalam mengenai akuntan perpajakan sebagai profesi dalam bidang akuntansi.

Akuntansi, terlepas dari apapun konsentrasi studinya adalah bidang ilmu yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja khususnya bisnis.

Jadi jika saat ini menempuh pendidikan di bidang akuntansi dan ingin menjadi akuntan jangan khawatir karena lapangan pekerjaannya luas. Menjadi akuntan perpajakan, berikut ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan harus dipahami.

Pengertian Akuntan Bidang Perpajakan

Bagi yang hanya tau istilah akuntan perpajakan dan tidak paham mengenai pengertiannya harus menyimak ulasan ini. sederhananya, akuntan pajak adalah orang yang memiliki tugas untuk mengurus berbagai hal yang berhubungan dengan pajak. Seorang akuntan sektor pajak bertugas untuk menganalisis fenomena ekonomi dan menentukan strategi perpajakan yang tepat sesuai ilmu yang dipelajari.

Strategi yang ditentukan ini harus berdasarkan dengan undang-undang perpajakan yang berlaku di suatu Negara.  Sekarang bukan lagi masa dimana pemerintah memegang kendali penuh terhadap Negara termasuk dalam sektor pajak. Pihak swasta serta pihak individu juga bisa membantu umpan balik melalui perilaku tertib dalam memenuhi kewajibannya (pajak).

Akuntan perpajakan yang bekerja pada sebuah perusahaan memastikan perusahaan tersebut memenuhi kewajibannya untuk membayar pajak sesuai jadwal. Ini juga memungkinkan agar perusahaan tidak mangkir saat membayar kewajibannya dan membayar pajak sesuai jumlah yang ditentukan.

Tips Ingin Menjadi Akuntan Bidang Perpajakan

Akuntan adalah profesi yang lapangan pekerjaannya luas karena banyak dibutuhkan di sektor public. Hampir semua sektor merupakan lapangan pekerjaan bagi seorang akuntan perpajakan seperti public, pemerintahan, swasta, maupun pribadi. Berikut beberapa prospek kerja untuk seorang akuntan pajak di beberapa sektor.

1. Bekerja di Salah Satu Perusahaan Big Four

Bagi orang yang berkecimpung dalam bidang akuntansi pasti tidak asing dengan istilah Big Four. Big Four merupakan perusahaan-perusahaan akuntansi yang paling besar di dunia. Tentu saja bekerja di salah satu perusahaan yang tergabung dalam Big Four adalah impian kebanyakan orang apalagi yang ingin menjadi akuntan.

Perusahaan yang tergabung dalam Big Four adalah Pricewaterhouse Coopers (PwC)KPMGDeloitte Touche Tohmatsu, dan Ernst & Young.

Keempat perusahaan ini merupakan pemegang 2/3 pasar akuntansi dunia dengan layanan akuntansi yang beragam seperti audit, perpajakan, hingga forensik. Jadi sudah terbayang berapa gaji yang akan diperoleh seorang akuntan pajak jika bergabung dengan perusahaan ini.

2. Bank dan Lembaga Keuangan

Lapangan pekerjaan lain yang terbuka lebar untuk seorang akuntan sektor pajak adalah bank dan lembaga keuangan. Banyaknya bank dan lembaga keuangan yang tersebar di berbagai wilayah tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi seorang akuntan. Bank bukan hanya sebagai tempat untuk akuntan publik atau yang berprofesi sebagai manajer atau penasehat keuangan saja.

3. Lembaga Pemerintahan

Bekerja di lembaga pemerintahan seperti di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) bukan hal yang mustahil jika mengantongi sertifikat akuntansi. Lembaga ini adalah lembaga yang paling nyaman bagi seorang akuntan perpajakan, karena selain mengaplikasikan ilmu bisa juga mengembangkannya. Di sini seorang akuntan pajak bisa menjalankan tugas berhubungan dengan perpajakan lembaga.

4. Pegawai Bea Cukai

Prospek kerja seorang akuntan pajak adalah menjadi pegawai bea cukai. Ini adalah tempat yang tepat bagi seorang akuntan pajak untuk melatih skill dan memperoleh pengetahuan baru mengenai perpajakan. Gaji yang ditawarkan untuk pekerjaan ini cukup besar yang tentu saja menggiurkan bagi seorang fresh graduate.

5. Dinas Keuangan Daerah

Prospek kerja lain untuk seorang akuntan perpajakan adalah bekerja di dinas keuangan daerah. Bekerja di daerah tentu saja memiliki kelebihan karena dekat dengan keluarga. Disamping itu seorang yang bekerja di Dinas Keuangan Daerah bertugas untuk membantu Bupati dalam urusan pemerintahan terutama mengenai keuangan daerah.

 

Itulah ulasan mengenai hal yang harus diperhatikan jika ingin menjadi seorang akuntan perpajakan.  Prospek kerja dari akuntan pajak memang besar namun ini harus didukung oleh pendidikan, kemampuan dan pengalaman kerja yang mumouni. Untuk itu, mempersiapkan diri secara matang seperti memperbanyak pengalaman kerja sebelum mulai bekerja adalah kunci utamanya.

Seiring kemajuan zaman, dunia akuntansi berubah dengan cepat dan teknologi menjadi bagian dalam proses kemudahan dalam pengelolaan pembukuan dan akuntansi.

Jika Anda kesulitan untuk melakukan pembukuan manual, Anda bisa menggunakan Accurate Online. Accurate Online adalah software akuntansi yang cocok untuk berbagai jenis bisnis, mulai usaha dagang sampai jasa, UKM sampai pabrik manufaktur. Memiliki fitur terlengkap dengan harga terjangkau menjadikan Accurate Online sebagai software akuntansi kepercayaan 300 ribu pengguna dan pemilik usaha di Indonesia. Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.

Related posts

6 Cara Jitu Membuat Bisnis Online Kamu Berkembang

admin

Perbedaan Sales dan Marketing Yang Harus Ketahui

admin

Tips Sukses Jualan Online di Tahun Ini

admin

Leave a Comment