Keuangan

Ingin Investasi Online? Wajib Anda Pahami

Di zaman yang serba online seperti saat ini,  semua hal bisa dilakukan secara online, termasuk diantaranya investasi online. Investasi yang dilakukan secara online tersebut dimaksudkan untuk mempermudah para investor menanam modalnya.

Melakukan penanaman modal tersebut, dimaksudkan untuk memperoleh keuntungan dari perusahaan yang ditanami modalnya. Dengan demikian, hal ini menjadi solusi bagi mereka yang ingin menambah penghasilan sampingan, tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama.

 

Pengertian Investasi Online

Investasi online adalah proses penanaman modal yang akan digunakan untuk mendanai sebuah perusahaan. Penanaman modal tersebut bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Karena dilakukan secara online,  sehingga pengawasan pun bisa dilakukan secara online.

Melakukan investasi secara online ini dapat dilakukan melalui smartphone melalui aplikasi. Anda dapat melakukan registrasi berupa data diri serta nomor telepon yang bisa dihubungi.

Setelah melakukan proses registrasi tersebut, Ada banyak fitur untuk melakukan proses investasi secara online, beserta dengan penjelasannya. Fitur-fitur tersebut akan sangat membantu bahkan untuk para investor pemula sekalipun. Dengan demikian, penggunaannya lebih mudah dan praktis.

Investasi merupakan cara lain untuk melakukan untuk mendapatkan keuntungan sekaligus perencanaan keuangan, yang dahulu seringkali dilakukan dengan cara menabung atau deposito. Namun karena perkembangan teknologi, maka investasi secara online pun saat ini mulai banyak dilirik.

Saat ini terdapat banyak aplikasi online yang dapat membantu mempermudah aktivitas investasi tersebut. Pastikan aktivitasnya sudah diawasi oleh lembaga terpercaya, seperti OJK (Otoritas Jasa Keuangan), guna meminimalisir risiko kerugian yang mungkin terjadi.

 

Hal-hal yang Harus Diperhatikan untuk Melakukan Investasi Online?

Setelah mengetahui apa itu investasi online, Anda harus mengetahui apa saja hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan investasi. Jangan sampai salah dalam mengambil keputusan yang berakhir pada kerugian. Padahal sejatinya, melakukan investasi adalah untuk mendapatkan keuntungan.

Berikut adalah 10 hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan investasi baik secara online maupun konvensional:

 

1. Memilih Aplikasi yang Terpercaya

Melakukan investasi online saat ini bisa dilakukan dengan cara mudah hanya melalui smartphone. Namun sebelum melakukan hal tersebut, hendaknya untuk memilih aplikasi untuk investasi secara online yang terpercaya dan diawasi oleh otoritas Jasa Keuangan.

Pastikan juga Anda mengunduh aplikasi tersebut dari sumber terpercaya seperti App Store dan Playstore, bukan dari sumber yang tidak memiliki kredibilitas seperti dari internet.

 

2. Mencari Tahu Kinerja Manajer Investasi

Melakukan investasi secara online, mengharuskan melibatkan manajer investasi yang berperan sebagai perantara. Oleh sebab itu, pentingnya untuk mencari tahu kinerja manajer investasi tersebut, guna meminimalisir risiko buruk yang mungkin terjadi.

Misalnya penyelewengan dana oleh manajer tersebut atau kesalahan dalam mengalokasi dana pada instrumen investasi.

 

3. Menentukan Besaran Modal yang akan Diinvestasikan

Setelah mencari tahu kinerja manajer investasi, dan mengunduh aplikasi yang terpercaya. Maka tidak kalah pentingnya untuk menentukan besaran modal yang akan diinvestasikan.

Hitung terlebih dahulu besaran modal tersebut, serta keuntungan yang akan didapatkan apabila melakukan investasi secara online. Ingatlah, dalam melakukan investasi yang berisiko tinggi, hindari menggunakan dana darurat apalagi dana yang sebenarnya dialokasikan pada kebutuhan harian Anda.

 

4. Menghitung Keuntungan dan Kerugian yang akan Didapatkan

Sesuai dengan poin sebelumnya, walaupun dilakukan secara online, sebelum memutuskan untuk melakukan investasi online sebaiknya untuk mempertimbangkan dan mengkalkulasikan potensi besaran keuntungan dan kerugian yang akan didapatkan dengan cara menanam modal tersebut.

5. Melihat Peluang dari Fitur Aplikasi Online

Dalam Aplikasi investasi online, terdapat beberapa fitur yang menarik untuk dicoba sebagai Investor pemula. Tidak hanya itu, terdapat pula fiturt yang menunjukan peluang dan kesempatan untuk mendapatkan informasi perkembangan bisnis yang sedang berkembang saat ini. Pelajari fiturnya, dan tangkap peluang yang ada.

Biasanya pengembang aplikasi juga menyediakan kanal edukasi di media sosial seperti Instagram, Facebook atau Youtube. Pelajarilah seluruh materi yang ada terutama dengan jenis investasi yang Anda lakukan, misalnya saham, forex, reksadana atau apapun.

 

6. Lakukan Riset

Saat berurusan dengan investasi online, meskipun proses perdagangan sebenarnya lebih cepat daripada metode lain, Anda tetap perlu melakukan penelitian ekstensif.

Penting untuk mengetahui apa yang Anda hadapi karena fakta bahwa ini adalah pasar yang bergerak cepat. Anda ingin memastikan bahwa Anda terbiasa dengan cara perdagangan berubah dan menggunakan pengetahuan ini untuk melindungi dari masalah yang biasanya dihadapi investor di pasar online.

 

7. Melihat Perkembangan Harga Saham

Melakukan pembelian saham merupakan salah satu bentuk investasi. Oleh sebab itu, memantau perkembangan saham sangatlah penting agar dapat melihat potensi keuntungan yang akan didapatkan dari investasi tersebut. Dengan demikian, pentingnya untuk mengetahui perkembangan harga saham. Semua fitur tersedia dalam satu aplikasi investasi.

 

8. Buat Rencana

Perhatikan dengan serius di mana Anda sekarang dan di mana Anda ingin berada serta kerangka waktu yang Anda inginkan untuk mencapai tujuan Anda.

Bersikaplah realistis saat membuat tujuan ini, karena memang membutuhkan waktu dan Anda perlu memperhitungkan potensi kerugian. Saat berinvestasi online, kerugian ini bisa datang dengan sangat cepat. Anda juga dapat memperoleh keuntungan besar dengan cukup cepat juga tergantung pada aktivitas dan jenis investasi Anda.

 

9. Ketahui Pilihan Anda

Meskipun berinvestasi online menawarkan tindakan perdagangan cepat, tindakan itu sendiri tidak selalu instan. Chokepoint dapat menunda atau mencegah tindakan masuk ke broker karena masalah koneksi Internet, peralatan Internet yang rusak, atau lalu lintas online yang padat.

Karena itu, penting untuk mengetahui pilihan Anda jika hal ini benar-benar terjadi. Ketahui siapa yang perlu Anda hubungi untuk melakukan transaksi secara offline.

10. Jangan Melakukan Transaksi di Luar Aplikasi Online

Apabila terdapat transaksi investasi yang dilakukan di luar aplikasi, hal tersebut sebaiknya untuk dihindari guna meminimalisir resiko kejahatan yang mungkin terjadi karena transaksi di luar aplikasi tersebut. Misalnya penyelewengan dana oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Itulah 10 hal penting yang harus diperhatikan pada saat melakukan investasi secara online. Bisnis investasi ini sangat menjanjikan, namun rawan pula terjadi kerugian dan penipuan. Oleh sebab itu, memperhatikan hal-hal di atas sangatlah penting untuk dilakukan.

 

Accurate Online adalah software akuntansi yang cocok untuk berbagai jenis bisnis, mulai usaha dagang sampai jasa, UKM sampai pabrik manufaktur. Memiliki fitur terlengkap dengan harga terjangkau menjadikan Accurate Online sebagai software akuntansi kepercayaan 300 ribu peng guna dan pemilik usaha di Indonesia. Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.

Related posts

Mudahnya Membuat Laporan Keuangan Sederhana untuk UKM

admin

Perbedaan Beban Dan Biaya Dalam Laporan Keuangan

admin

Manfaat Aplikasi Penjualan saat PSBB Transisi Jakarta

admin

Leave a Comment