Fitur

Cara Set Up Fitur Retur Penjualan Accurate Online

Pernah mengalami kasus dimana barang yang telah terjual lalu dikembalikan kepada Anda karena terjadi kesalahan atau kerusakan pada produk yang Anda jual? Jika Anda pernah mengalami hal semacam ini, tentunya ini berpengaruh pada laporan stok dan kecocokan pembukuan Anda, terlebih jika Anda melakukan pembukuan secara manual.

Namun jika Anda menggunakan Accurate Online,   Anda tidak perlu takut jika ada pelanggan yang melakukan retur produk kepada Anda. Accurate Online memliki fitur retur penjualan yang akan memudahkan Anda dalam mencatat ketersediaan stok dan pembukuan secara up to date, sekalipun terjadi pengembalian produk dengan intensitas yang sering.

Fitur retur Penjualan merupakan fitur di Accurate Online yang berfungsi untuk mencatat pengembalian barang yang telah dijual kepada pelanggan. Pengembalian tersebut bisa terjadi karena barang tidak sesuai spesifikasi ataupun karena terjadi kerusakan.

Dalam kasus ini, kita melakukan penerimaan barang retur dari faktur. Untuk membuat retur penjualan dari faktur penjualan dengan kuantitas sebagian, caranya sama seperti membuat Retur Penjualan dari Faktur Penjualan. Anda juga bisa menerima pengembalian barang berdasarkan kuantitas atau sebagian saja.

1. Pilih menu Penjualan pilih opsi Retur Penjualan

2.  Lengkapi informasi Pelanggan, Tanggal, Kolom pemilihan asal pengembalian pilih opsi Faktur, isi dengan nomor faktur yang akan diretur. Lalu pilih tombol Ambil

3. Tentukan barang yang akan diretur lalu klik Lanjut

4. Jika Anda ingin menerima pengembalian barang sebagian,  klik pada baris barang yang sudah ada pada formulir Retur Penjualan, lalu edit pada bagian Kuantitas, kemudian klik Lanjut. (Jika pengembalian barang sesuai di kuantitas di faktur, lewatkan poin ini)

5. Jika telah selesai Anda bisa klik simpan

Laporan stok yang tidak cocok dengan realita adalah masalah klasik untuk setiap bisnis, terutama bisnis retail. Dengan alur perputaran barang yang terjadi setiap hari membuat laporan stok selalu tidak sesuai dengan kenyataan. Terlebih lagi bila ada pelanggan yang mengajukan pengembalian barang.

Pencatatan pengembalian barang sebenarnya sangat penting, apalagi jika pengembalian barang termasuk dalam servis after sales bisnis Anda.

Dengan Accurate Online, Anda bisa mencatat pengembalian barang dari pelanggan Anda dengan fitur retur pada Accurate Online. Dengan fitur ini Anda bisa meminimalisir ketidak cocokan antara laporan dan stok sebenarnya, terutama akibat pengembalian barang pelanggan.

Bagi Anda yang belum menggunakan Accurate Online dan ingin mencoba menggunakan fitur ini, Anda bisa mencoba Accurate Online selama 30 hari melalui link ini.

Related posts

Menggunakan Pelaporan Pajak di Fitur Elektronik (e-Filing) Accurate Online

admin

Fitur Membuat & Membatalkan Pesanan Pembelian

admin

Nyesuaian Harga Bisnis Lebih Mudah dan Simple Dengan Fitur Penyesuaian Harga & Diskon Accurate Online

admin

Leave a Comment