Bisnis

Cara Melakukan Marketing Online Untuk Bisnis Kecil

Perjalan bisnis masa kini tentu membutuhkan sebuah strategi yang mudah melalui marketing online. Marketing online ini dilakukan dengan cara mengoptimalkan internet serta produk digital hingga media yang ada saat ini. 

Dengan memanfaatkan teknologi dan bantuan internet sebagai media digital. Maka bisa menjalankan bisnis secara online dengan beberapa strategi marketing di dunia serba online sekarang. 

Apalagi jika bisnis yang dijalankan masih dalam taraf kecil. Maka harus menemukan cara melakukan marketing secara gratis atau setidaknya berbiaya rendah. Inilah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis yang sedang dirintis tersebut dengan marketing online dengan biaya rendah atau gratis.

Cara Melakukan Marketing Online

 

1. Kelola data email

 

Pastikan Anda memiliki metode untuk merekam dan mengelola data email dari pengunjung situs web atau email pelanggan Anda. Integrasikan opsi pendaftaran email ke situs Anda dan mulailah membangun database data pelanggan.

Anda kemudian dapat menggunakan data ini untuk berbagai insentif pemasaran, seperti pemasaran email atau membuat audiens khusus di Facebook untuk iklan bertarget.

 

2. Email Marketing

 

Anda sudah mendapatkan datanya, sekarang Anda perlu melakukan sesuatu yang berguna dengan seluruh data yang Anda punya. Mulailah dengan membuat akun gratis dengan Mailchimp misalnya, dan mulai mendistribusikan email tersebut.

Hindari promosi yang berlebihan dan selalu tawarkan sesuatu yang benar-benar berguna bagi penerimanya. Jaga agar email tetap teratur tetapi tidak pernah membombardir dan menjadi spam.

Jika tidak, orang akan berhenti berlangganan lebih cepat karena terganggu dengan cara Anda melakukan penawaran produk.

 

3. Pemasaran video

 

Jangan pernah mengabaikan perkembangan hebatnya konten video selama beberapa tahun terakhir. Ikutilah tren ini dan mulailah terlibat dalam beberapa pemasaran video.Mulailah dengan menyiapkan saluran YouTube.

Anda tidak perlu membuat konten video ala film Hollywood – cukup dengan blog video sederhana. Jika Anda ingin mengatakan sesuatu yang bermanfaat, katakan di video.

Pastikan juga Anda membuat konten yang sangat mudah dibagikan dan dapat dimengerti setiap orang – sebarkan tautan di situs web Anda, bagikan ke sosial media, dan sertakan dalam email Anda.

 

4. Posting ke Facebook

 

Tak perlu dikatakan bahwa media sosial adalah salah satu alat pemasaran paling berharga di luar sana. Dan itu gratis. Ingat, GRATIS!!!

Sebaiknya jangan mendaftar untuk setiap platform media sosial, cukup fokus pada yang paling sesuai dengan bisnis Anda.

Facebook adalah opsi yang layak untuk hampir semua bisnis. Sayangnya, pembaruan algoritme terbaru mempersulit bisnis untuk mendapatkan visibilitas di umpan berita tanpa membayar. Tapi, Anda tidak akan rugi. Poskan pembaruan rutin – Buatlah konten yang menarik dan mengasyikkan, jangan terlalu berpromosi, dan utamakanlah kenyamanan pengguna.

 

5. Berinteraksi dengan pakar industri di Twitter

 

Twitter bukan untuk semua orang, tetapi Twitter memiliki beragam manfaat. Ini adalah platform yang bagus untuk terlibat dengan pakar industri dan pelanggan, karena ini adalah tempat di mana siapa pun dapat berbicara dengan siapa pun.

Tanggapi umpan balik pelanggan, retweet konten terbaik buatan pengguna, dan tawarkan masukan asli untuk diskusi industri Anda.

6. Buat Akun Instagram

Bisa dibilang ini adalah saluran yang cukup efisien untuk pemasaran online yang gratis, Instagram. Instagram memiliki basis pengguna yang terus meningkat.

Jika bisnis Anda akan mendapat manfaat dari kehadiran visual, pastikan Anda mendedikasikan waktu untuk membangun akun Instagram yang kuat. Ingatlah bahwa ini adalah platform visual, kuncinya adalah konten yang dikurasi dengan cermat dan tampak luar biasa.

Hal yang tak kalah penting selanjutnya adalah dengan melakukan pembukuan pada setiap pengeluaran bisnis dan mencatat setiap penjualan yang terjadi pada bisnis untuk mendapatkan informasi mendalam tentang berapa keuntungan yang Anda dapatkan juga untuk mempermudah perencanaan pengembangan usaha kedepannya.

Kesulitan dalam melakukan pencatatan pembukuan secara manual? Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur terbaik dan sudah terbukti dari sisi penggunaan, keamanan, dan kemudahan pengoperasian seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki harga terjangkau dan fitur terlengkap seperti pencatatan pembelian dan penjualan, penghitungan aset, penghitungan dan pelaporan pajak, pengelolaan dan pemantauan stok, payroll, rekonsiliasi otomatis, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan, dan masih banyak lagi. Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.

Related posts

Pengen Bisnis Kos-Kosan Tanpa Modal? Ini 3 Caranya

admin

Pengertian Remunerasi Untuk Kemajuan Bisnis

admin

Apa Itu Komunikasi Bisnis? Berikut Pengertiannya

admin

Leave a Comment