Bisnis

Accurate Online Bisa Bantu Bisnis UKM Bertahan saat Wabah COVID-19

Sektor usaha kecil menengah (UKM) memegang peranan penting dalam perekonomian negara. Sektor UKM memiliki pasar yang luas dan mampu menyerap banyak tenaga kerja. Hanya saja sejak COVID-19 merebak dan menjadi pandemi, segala aktivitas yang berkaitan dengan interaksi antar manusia menjadi berkurang. Itulah mengapa, para pemilik bisnis UKM merasa takut dan khawatir dengan kemajuan bisnis mereka. Kecemasan ini wajar, kok. Pasalnya memang hampir seluruh perusahaan merasakan hal yang sama seperti penurunan permintaan, berkurangnya pelanggan, hingga berpengaruh terhadap pendapatan yang diterima.

Guna menghadapi berbagai tantangan bisnis di tengah wabah Corona, UKM perlu meracik strategi yang tepat supaya usahanya tak terkena imbas negatif kelesuan ekonomi. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi yaitu aplikasi yang bisa bantu bisnis UKM. Berkat kemajuan teknologi, berbagai aplikasi sederhana bisa membantu UKM untuk menjalankan aktivitas tanpa tatap muka demi mendongkrak kinerja bisnis. Berikut daftarnya :

 

  • Aplikasi Audio/Video Conference

Imbauan untuk berdiam diri di rumah dan menghindar dari kerumunan massa tentu menjadi penghambat berbisnis. Anda jadi sulit bertemu rekan kerja untuk bertukar ide terkait pekerjaan atau berdiskusi kerja sama dengan mitra bisnis. Hasilnya, inovasi dan ide-ide baru pun tenggelam, performa bisnis jadi tak memuaskan.

 

  • Aplikasi Pendukung Kerja Kolaborasi Berbasis Cloud

Dalam menyelesaikan pekerjaan, Anda biasanya direpotkan dengan proses pembuatan dan pengiriman dokumen kerja. Belum lagi jika dokumen perlu revisi dan dioper ke banyak pihak lebih dari satu kali. Distribusi dokumen secara manual tentu bisa membuat pekerjaan jadi lebih berat. Maka itu, tools produktivitas kerja terintegrasi berbasis komputasi awan (cloud computing) sangat dibutuhkan untuk mempermudah koordinasi.

Saat ini, Google dan Microsoft merupakan dua raksasa teknologi yang menyediakan ‘paket’ aplikasi pendukung kerja untuk kebutuhan kolaborasi tersebut. Keduanya juga memberi layanan penyimpanan data berbasis cloud. Jadi, pendekatan perangkat lunak untuk kerja dilakukan dengan menghosting informasi Anda dalam jaringan pusat data penyedia aplikasi.

 

  • Aplikasi Media Sosial

Di tengah pembatasan aktivitas bisnis akibat COVID-19, kinerja pemasaran (marketing) tentu akan ikut terhambat dan berpengaruh pada penurunan penjualan. Pada akhirnya, performa bisnis pun berpotensi merosot.

Namun, Anda punya alternatif untuk tetap bisa menjalankan aktivitas pemasaran secara optimal tanpa harus ke luar ruangan, yakni melalui dunia maya. Anda dapat memanfaatkan berbagai aplikasi media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter yang bisa berfungsi sebagai media pemasaran digital. Strategi mendasar yang perlu dilakukan ialah menentukan persona sebagai target pemasaran produk Anda.

Aplikasi media sosial bisa dimanfaatkan sebagai saluran komunikasi sekaligus melakukan engagement dengan target pasar Anda. Media sosial juga berfungsi sebagai referensi bisnis secara real time untuk menentukan kebijakan, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

 

  • Urus Pajak Online

Ancaman penyebaran Virus Corona membuat UKM memiliki kendala untuk melaporkan dan membayarkan pajak secara langsung. Berkeliaran mengunjungi ruang publik seperti kantor pajak bisa menimbulkan risiko penularan virus lebih besar. Di sisi lain, UKM punya kewajiban kepada pemerintah untuk menyetorkan hasil usahanya.

Untuk menyelesaikan persoalan tersebut, Anda membutuhkan aplikasi pengelolaan faktur pajak langsung dari transaksi bisnis. Salah satu Aplikasi yang tersedia di Indonesia yakni Klikpajak yang memiliki beberapa fitur utama.

 

Hal penting lainnya yang harus Anda lakukan jika bisnis Anda sudah jalan yakni adalah pembukuan yang baik. Dalam setiap bisnis atau usaha pembukuan adalah hal penting, tidak terkecuali untuk usaha Anda. Dengan mencatat semua transaksi yang terjadi ke pembukuan, menjadikan Anda tahu perkembangan bisnis Anda secara detail dari sisi keuangan dan nantinya Anda dapat membuat keputusan yang tepat untuk pengembangan bisnis.

Jika Anda kesulitan untuk melakukan pembukuan manual, Anda bisa menggunakan Accurate Online. Accurate Online adalah software akuntansi yang cocok untuk berbagai jenis bisnis, mulai usaha dagang sampai jasa, UKM sampai pabrik manufaktur. Memiliki fitur terlengkap dengan harga terjangkau menjadikan Accurate Online sebagai software akuntansi kepercayaan 300 ribu pengguna dan pemilik usaha di Indonesia. Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.

Related posts

Ingat! 5 Persiapan Penting Sebelum Membuka Cabang Bisnis yang Baru

admin

Inilah Strategi Content Marketing UKM Selama Social Distancing Berlangsung

admin

Inilah 5 Kesalahan dalam Membuat Laporan Keuangan

admin

Leave a Comment